SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-Faktor Penyebab Gangguan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X IIS 4 pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Gondanglegi Tahun Ajaran 2018-2019

Mufti Nanda Afan

Abstrak


ABSTRAK

Mufti, Nanda Afan. 2019.  Analisis Faktor-Faktor Penyebab Gangguan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X IIS 4 pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Gondanglegi Tahun Ajaran 2018-2019. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, S.Th., M.Div., M.E.

Kata Kunci: Belajar, Gangguan Konsentrasi, Upaya Mengatasi Gangguan Konsentrasi

Belajar merupakan perubahan tingkah laku atau sikap yang terjadi pada individu untuk memenuhi kebutuhannya mendapatkan ilmu atau kepandaian agar mampu berinteraksi dengan lingkungannya. Dalam proses belajar, banyak sekali kendala yang mengahambat individu untuk belajar. Salah satu kendala dalam belajar adalah gangguan konsentrasi belajar. Gangguan konsentrasi belajar dipengaruhi oleh 2 faktor antara lain, faktor internal dan faktor eksternal. Gangguan konsentrasi belajar yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal terjadi pada siswa kelas X IIS 4 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 gondanglegi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab gangguan konsentrasi belajar siswa kelas X IIS 4 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Gondanglegi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskrptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Sumber data menggunakan data primer dan data skunder. Data primer yang dipaparkan adalah hasil wawancara mendalam dari informan dan observasi, serta data skunder berupa dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dan faktor eksternal mempengaruhi gangguan konsentrasi belajar siswa kelas X IIS 4 pada mata pelajaran Ekonomi, faktor internal terdiri dari, kecerdasan, minat, motivasi, bakat, kesehatan sedangkan faktor eksternal terdiri dari faktor keluarga,  faktor sekolah, dan lingkungan belajar siswa.