SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Ditinjau Dari Keberadaan Selebgram Endorsement Jurusan Ekonomi Pembangunan Angkatan 2015

Azizah Titin Nur

Abstrak


RINGKASAN

Azizah, Titin Nur. 2019.  Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Ditinjau Dari Keberadaan Selebgram Endorsement Jurusan Ekonomi Pembangunan Angkatan 2015. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ro’ufah Inayati, S.Pd, M.Pd

Kata Kunci: Perilaku Konsumsi, Instagram,  Selebgram Endorsement

Perilaku konsumsi merupakan kegiatan mengkonsumsi dan menghabiskan nilai guna suatu barang. Perilaku konsumsi juga tidak terlepas dari pengalokasian uang saku yang didapatkan oleh mahasiswa guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam hal konsumsi juga terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat konsumsi mahasiwa diantaranya yaitu faktor pribadi pada diri seseorang itu sendiri.

Instagram merupakan aplikasi yang digunakan untuk membagi-bagikan foto dan video. instagram semakin populer saat ini sehingga membuat banyak pengguna yang terjun pada bisnis online turut mempromosikan produknya pada instagram.  Selebgram endorsement merupakan seseorang yang  terkenal di media sosial instagram yang memiliki banyak follower kemudian  membintangi suatu produk barang dan jasa untuk diiklankan pada media sosial instagram.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumsi mahasiswa ditinjau dari keberadaan selebgram endorsement. Dimana mahasiswa cenderung memiliki minat untuk membeli suatu barang yang tinggi setelah melihat selebgram endorsement mempromosikan suatu barang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis metode penelitian fenomenologi. Sumber data menggunakan data primer. Data primer yang dipaparkan berupa hasil wawancara mendalam dari informan, dan untuk pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata selebgram endorsement dapat mempengaruhi tingkat konsumsi mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan angkatan 2015. Konsumsi yang dilakukan mahasiswa berupa konsumsi barang dan jasa, namun tingkat konsumsi tersebut masih bisa dibilang rasional.