SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA BURUH TANI DALAM RANGKA MEMPERSIAPKAN PENDIDIKAN ANAK

Pratama Putra

Abstrak


RINGKASAN

Pratama, Putra. 2019.  Analisis Pengelolaan Keuangan Keluarga Buruh Tani dalam Rangka Mempersiapkan Pendidikan Anak. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W .,SE,MP ,Ak

Kata Kunci : Pengelolaan Keuangan, Pengelolaan Keuangan Dalam Rumah Tangga, Pendidikan Anak.

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam rangka meningkatkan kualitas SDM. Dengan pendidikan diharapkan seseorang atau anak didik akan memperoleh berbagai macam kemampuan, pengetahuan, keterampilan serta keahlian. Dengan bekal tersebut, seseorang akan mampu memilih, menetapkan dan mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja yang sesuai dengan tuntutan hidup, cita-cita dan nilai-nilai hidup yang dianutnya sendiri. Biaya pendidikan merupakan salah satu komponen masukan instrumental (instrumental input) yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Kemapuan pengelolaan keuangan juga sangat diperlukan untuk mempersiapkan kebutuhan – kebutuhan manusia di masa yang akan dating. Kaum buruh tani adalah kaum marginal di negeri ini. Mereka adalah kumpulan orang-orang yang tidak memiliki kemewahan untuk berserikat, berorganisasi, untuk menuntut perbaikan kesejahteraan di ruang publik. Rumah tangga buruh tani adalah salah satu contoh nyata dari keluarga prasejahtera yang ada di masyarakat. Rumah tangga petani sudah lama diketahui tergolong miskin. Istri petani ternyata memiliki peranan yang penting dalam menyiasati serta mengatasi kemiskinan yang dialaminya sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan rumah tangganya. Untuk mencapai kesejahteraan secara finansial, maka diperlukan sebuah pengelolaan keuangan yang baik dalam sebuah keluarga. Bagi semua orang, anak merupaka harta yang tak terhingga nilainya. Semua orang tua pasti ingin memberikan semua yang terbaik untuk anaknya. Seberapa besar dana yang dikeluarkan untuk biaya pendidikan tidak dianggap sebagi biaya, tetapi itu adalah bagian dari investasi. Mahalnya berbagai produk barang dan jasa mengharuskan pihak sekolah meningkatkan biaya pendidikan yang dirasakan semakin tak terjangkau oleh sebagian besar masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan literasi keuangan pada masyarakat khususnya pada buruh tani. Bentuk perencanaan keuangan salah satunya adalah perencanaan dana pendidikan anak yang bertujuan untuk pencapaian tujuan masa depan keluarga.  Perencanaan dana pendidikan yang baik akan memungkinkan sebuah keluarga dapat mengirim anaknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau perguruan tinggi yang diharapkan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan keuangan keluarga buruh tani dalam rangka mempersiapkan pendidikan anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian terdiri dari lima informan yang merupakan keluarga buruh tani Desa Kwadungan Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakn data primer dan sekunder dengan pemilihan informan menggunakan Purposive Sampling.

Dalam hasil penelitian sesuai dengan aspek literasi keuangan menurut Chen dan Volpe dalam Ulfatun et al (2016:4) yaitu

1) indikator aspek pemahaman beberapa hal yang berkaitan dengan pengetahuan dasar tentang keuangan pribadi, pemahaman responden sudah cukup baik,

2) indikator Savings and borrowing sudah baik,

3) indikator Insurance (asuransi) kurang baik, dan

4) indikator Investment (investasi) cukup baik.

Bagi keluarga buruh tani untuk dapat menerapkan pencatatan keuangan yang lebih sistematis dan lengkap, agar informasi tentang harta kekayaan maupun informasi lainnya yang berhubungan dengan keuangan keluarga, sehingga bisa lebih baik lagi dalam mengelola keuangan keluarga untuk mempersiapkan pendidikan anak dan bagi penelitian selanjutnya perlu dilakukan dengan metode yang berbeda untuk mendapatkan gambaran tentang Pengelolaan Keuangan Keluarga dalam Rangka Mempersiapkan Pendidikan Anak secara lebih bervariasi.