SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS POLA PENDIDIKAN EKONOMI DALAM KELUARGA PETANI DI DESA METESIH KECAMATAN JIWAN KABUPATEN MADIUN

Oktasari Puput Dwi

Abstrak


ABSTRAK

Oktasari, Puput Dwi. 2019.  Analisis Pola Pendidikan Ekonomi Keluarga Petani di Desa Metesih Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Ro’ufahInayati, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Pola Pendidikan, Pendidikan Ekonomi, Keluarga Petani

Perkembangan teknologi banyak melahirkan toko online dengan penawaran diskon dan iklan yang mendorong konsumen untuk melakukan konsumsi. Generasi muda saat ini mudah tergiur diskon dan iklan dari toko online tersebut,sehingga menyebabkan mereka cenderung berperilaku konsumtif. Oleh karena itu, dibutuhkan peran orang tua untuk memberikan pendidikan ekonomi bagi generasi. Masing-masing orang tua tentu memiliki pola pendidikan ekonomi yang berbeda. Pola pendidikan yang berbeda di dalam lingkungan keluarga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Masalah ekonomi bagi keluarga petani sangat penting. Mereka harus mengerti bagaimana dengan pendapatan yang diperoleh setiap kali panen dapat mencukupi kebutuhan anggota keluarga. Mereka juga harus menerapkan pendidikan ekonomi kepada anak-anaknya agar tidak berperilaku konsumtif dan dapat melakukan konsumsi secara rasional. Fokus penelitian ini adalah menganalisis pola pendidikan ekonomi dalam keluarga petani di Desa Metesih Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data yang terkumpul kemudian di analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya dilakukan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik agar temuan data penulis dapat dinyatakan kredibel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pendidikan ekonomi yang diterapkan dalam keluarga petani bervariasi. Mereka memberikan contoh penerapan pendidikan ekonomi kepada anak melalui pengalokasian penghasilan berdasarkan skala prioritas kebutuhan. Mereka juga memberikan contoh melalui perencanaan keuangan untuk kebutuhan di masa yang akan datang. Mereka juga memberikan teladan kepada anak dengan memanfaatkan peluang usaha di luar bertani untuk menambah sumber penghasilan. Selain itu, mereka menerapkan hidup hemat dan kebiasaan menabung melalui pemberian nasehat dan arahan agar cermat dan berhati-hati dalam membelanjakan uang saku, memberikan pemahaman kepada anak terkait tujuan dan pentingnya menabung, serta memberikan contoh sikap hemat dan kebiasaan menabung di dalam kehidupan sehari-hari. Pola pendidikan ekonomi yang digunakan orang tua dalam menerapkan hidup hemat dan kebiasaan menabung meliputi pola pendidikan demokratis, pola pendidikan situasional yang menggabungkan antara pola pendidikan demokratis dan otoriter, dan pola pendidikan situasional yang menggabungkan antara pola pendidikan demokratis dan memanjakan. Selain itu, orang tua dari keluarga petani mengontrol konsumsi anak dengan memberikan pemahaman kepada anak terkait keadaan keuangan dan pekerjaan orang tua. Orang tua juga memberikan pertimbangan konsumsi secara rasional kepada anak. Selain itu, orang tua juga mengontrol konsumsi anak melalui pertanyaan apakah uang saku yang diterima anak masih atau habis dan bertanya terkait penggunaan uang saku anak. Pola pendidikan ekonomi yang digunakan orang tua dalam mengontrol konsumsi anak meliputi pola pendidikan demokratis dan pola pendidikan situasional yang menggabungkan antara pola pendidikan demokratis dan memanjakan.