SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Strategi Pengembangan Pasar Rakyat Oro-Oro Dowo dalam Meningkatkan Daya Saing dengan Pasar Modern

Sholikhah Nur

Abstrak


RINGKASAN

Sholikhah, Nur. 2019.  Strategi Pengembangan Pasar Rakyat Oro-Oro Dowo dalam Meningkatkan Daya Saing dengan Pasar Modern. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Nasikh, S.E., M.P., M.Pd

Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Pasar Rakyat, Oro-Oro Dowo, Daya Saing, Pasar Modern

Dalam era globalisasi, liberalisasi ekonomi semakin terbuka dibuktikan dengan semakin tumbuh pesatnya pusat perbelanjaan modern atau pasar modern. Hal ini tentu saja menjadi ancaman bagi keberadaan pasar rakyat yang di dalamnya terdapat transaksi ekonomi oleh rakyat secara swadaya. Citra pasar rakyat yang kumuh, kotor, bau dan tidak rapi menjadi kelemahan dan kendala pasar rakyat untuk bersaing dengan pasar modern. Pasar modern memiliki fasilitas yang lebih lengkap dan memadai. Sehingga persaingan antara pasar rakyat dengan pasar modern menjadi sangat ketat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program pengembangan dan dampak pengembangan pasar rakyat Oro-Oro Dowo dalam meningkatkan daya saing dengan pasar modern serta strategi pengembangan pasar rakyat Oro-Oro Dowo. Dalam penelitian ini dilakukan analisis SOAR untuk mengetahui strategi pengembangan pasar rakyat Oro-Oro Dowo dan untuk mengetahui peningkatan daya saing setelah adanya program pengembangan di pasar rakyat Oro-Oro Dowo. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pengembangan tidak hanya dari memperbaiki kondisi pasar dari aspek fisik, melainkan juga dari aspek ekonomi, sosial dan manajemen. Strategi pengembangan yang dapat digunakan dalam pengembangan pasar rakyat Oro-Oro Dowo adalah adalah strategi pertumbuhan melalui penetrasi pasar dan pengembangan produk dengan empat macam strategi yaitu strategi S-A, strategi O-A, strategi S-R dan strategi O-R dengan sepuluh isu strategi. Dengan adanya sepuluh isu alternatif strategi pengembangan tersebut diharapkan mampu meningkatkan daya saing pasar rakyat Oro-Oro Dowo.

Program pengembangan yang telah dilaksanakan memberikan dampak positif bagi peningkatan daya saing pasar rakyat Oro-Oro Dowo. Peningkatan daya saing dapat dilihat dari semakin memadainya fasilitas di pasar dan petugas pasar yang kompeten. Selain itu pengunjung tidak hanya dari kalangan dewasa, namun juga dari kalangan remaja maupun anak-anak. Sistem pengelolaan juga sudah mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) pasar rakyat.