SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga, Kontrol Diri, dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2017 Universitas Negeri Malang

Belyra Dwi Anisaputri

Abstrak


Dewasa ini, dunia yang semakin modern dalam segala aspek secara tidak langsung menuntut masyarakat mengikuti perkembangan zaman. Tidak banyak yang memiliki kemampuan untuk menahan sikap konsumtifnya, termasuk masyarakat yang masih remaja dan mudah terpengaruh lingkungan seperti siswa SMA dan bahkan mahasiswa. Mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan tahun 2017 masih berada pada tahap remaja dengan rentang umur antara 19-20 tahun. Pada usia ini seseorang sudah tidak dapat dikatakan anak-anak lagi walaupun juga tidak dapat dikatakan dewasa yang telah matang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan ekonomi keluarga, kontrol diri, dan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa program studi S1 pendidikan ekonomi angkatan tahun 2017 Universitas Negeri Malang baik secara parsial maupun simultan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi di mana jenis penelitian ini digunakan untuk menjelaskan pengaruh antar satu variabel terhadap variabel lainnya. Pada penelitian ini terdapat populasi sebesar 138 mahasiswa, dengan menggunakan metode proportional random sampling diperoleh 103 sampel penelitian yang tersebar dalam lima offering. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan lima alternatif jawaban. Untuk teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, karena penelitian ini memiliki satu variabel terikat dan tiga variabel bebas.

Hasil penelitiannya adalah adanya pengaruh negatif antara pendidikan ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumtif sebesar 2,230 dengan kontribusi sebesar 6,09%, adanya pengaruh negatif antara kontrol diri terhadap perilaku konsumtif sebesar 2,508 dengan kontribusi sebesar 6,55%, dan adanya pengaruh positif antara teman sebaya terhadap perilaku konsumtif sebesar 9,470 dengan kontribusi sebesar 43,51%. Selanjutnya adanya pengaruh secara simultan antara pendidikan ekonomi keluarga, kontrol diri, dan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif sebesar 42,323, dengan nilai koefisen determinasi sebesar 0,562.

Saran dari penelitian ini agar mahasiswa nantinya mampu mengendalikan pola konsumsinya agar tidak berperilaku konsumtif, dan mampu menerapkan pendidikan ekonomi yang didapatkan dari keluarga dengan baik, memiliki kontrol diri yang baik, dan mampu saling mempengaruhi dalam hal yang positif pada teman sebaya. Peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian pada subjek yang berbeda dan mampu membuat penelitian yang lebih baik lagi.