SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kegiatan Kewirausahaan Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha (Fenomenologi Siswa kelas XI IPS MAN 1 Gresik)

Cahyani Auli Amalia Fitra

Abstrak


RINGKASAN

Cahyani, Auli Amalia Fitra. 2019.  Analisis Kegiatan Kewirausahaan Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha (Fenomenologi Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Gresik). Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si.

Kata Kunci: Kegiatan Kewirausahaan, Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha, MAN 1 Gresik.

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang dipersiapkan oleh pemerintah sebagai wadah bagi generasi muda untuk mencari ilmu, mengembangkan bakat, dan mengasah keterampilan yang ada pada diri setiap siswa. Mereka dipersiapkan agar dapat hidup di tengah masyarakat dan menghadapi kehidupan nyata dengan memiliki kecerdasan pikiran, emosional, berwatak dan berketerampilan agar dikemudian hari generasi muda (siswa) tidak hanya bergantung pada orang lain dalam memenuhi kebutuhan. Mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki ruang lingkup materi yang disesuaikan dengan kondisi sekolah dan potensi daerah setempat. Berkenaan dengan hal tersebut, pembelajaran prakarya dan kewirausahaan sangat dibutuhkan oleh siswa agar dapat memenuhi kebutuhan sebagai wirausahawan dan dapat membantu perekonomian Indonesia. Pada sekolah MAN 1 Gresik kewirausahaan merupakan salah satu kegiatan yang menjadi unggulan karena dalam sekolah tersebut terdapat program keterampilan yang sejalan dengan mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan yang menekankan pada kemampuan dalam berwirauasaha.

Penelitian ini berfokus pada dua hal yaitu

(1) pendidikan kewirausahaan siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan,

(2) minat berwirausaha siswa setelah mengikuti mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan rancangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif jenis fenomenologi. Data penelitian berupa pembelajaran prakarya dan kewirausahaan, proses kegiatan kewirausahaan dalam bentuk dolumen tertulis, audio, dan visual yang terdapat pada siswa kelas XI IPS MAN 1 Gresik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentas. Untuk menjaga keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan pendidikan kewirausahaan yang dilakukan siswa kelas XI IPS MAN 1 Gresik telah mengetahui dan menerapkannya ke dalam kehidupan nyata, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan minat berwirausaha siswa. Hal yang dapat mendorong siswa untuk melakukan atau berminat untuk berwirausaha adalah adanya rasa penasaran, faktor pendidikan, faktor pengalaman, dan berani mengambil resiko. Penelitian ini hanya sebatas tentang kegiatan kewirausahaan yang dilakukan siswa di sekolah dan pemaparan tentang pengalaman berwirausaha siswa di luar sekolah. Bagi penelitian selanjutnya yang membahas tentang hal yang serupa dapat mengembangkan penelitian yang ditekankan pada penerapan kegiatan kewirausahaan untuk meningkatkan minat berwirausaha siswa.