SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga, dan Gaya Hidup terhadap Rasionalits Perilaku Konsumsi Mahasiswa (Studi Pada S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2017)

Rohmah Binti Latifatur

Abstrak


RINGKASAN

Rohmah, Binti Latifatur. 2019.  Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang tua, Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga, dan Gaya Hidup terhadap Rasionalitas Perilaku Konsumsi Mahasiswa (Studi pada S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2017). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing :Dr.Hj. Lisa Rokhmani, M.Si

Kata kunci : Status sosial ekonomi orang tua, pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga, gaya hidup

Status sosial ekonomi orang tua, pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan gaya hidup merupakan faktor yang dapat mempengaruhi rasionalitas perilaku konsumsi seseorang. Tingginya pengaruh globalisasi mempengaruhi mahasiswa dalam pengambilan keputusan pembelian. Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi khususnya angkatan 2017 mempunyai bekal pemahaman yang lebih tentang ekonomi sehingga memiliki kecakapan di bidang ekonomi untuk bertindak secara rasional. Maka dari itu mahasiswa seharusnya mampu membuat keputusan pembelian pada jenis barang dan jasa yang efektif dan efesien. Akan tetapi pada faktanya mahasiswa sebagai konsumen memiliki dua sifat dalam berkonsumsi, ada yang bersifat rasional ada pula yang bersifat irasional.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi untuk menganalisis pengaruh variabel bebas yaitu status sosial ekonomi orang tua (X1), pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga (X2) dan gaya hidup (X3) terhadap rasionalitas perilaku konsumsi (Y). Untuk menganalisis pengaruh variabel bebas terhadap variable terikat, di dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda IBM SPSS Statistics 21.0. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi angkatan 2017 yang berjumlah 142 mahasiswa.Sampel di dalam penelitian ini berjumlah 104 mahasiswa dengan menggunakan rumus slovin. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling.

Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner berskala likert. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multi kolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t yang digunakan untuk menguji apakah suatu variabel bebas (status sosial ekonomi orang tua, pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan gaya hidup) berpengaruh secara parsial terhadap variabel terikat (rasionalitas perilaku konsumsi) dan uji F digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas (status sosial ekonomi orang tua, pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan gaya hidup) terhadap variabel terikat (rasionalitas perilaku konsumsi) secara simultan.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara variabel status sosial ekonomi orang tua (X1) sebesar 2,532> 1,987, pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga (X2) sebesar 5,654> 1,987, dan gaya hidup (X3) sebesar 6,200> 1,987 terhadap rasionalitas perilaku konsumsi (Y). Gaya hidup memiliki pengaruh terbesar karena mahasiswa S1  Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2017 mampu berpikir secara ketat berkaitan dengan pengelolan finansial dalam kehidupan sehari-hari dengan rasionalitas berkonsumsinya. Dari keseluruhan variabel yaitu status sosial ekonomi orang tua dan pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga, status sosial ekonomi orang tua memiliki pengaruh yang paling rendah terhadap rasionalitas perilaku konsumsi karena status sosial ekonomi orang tua merupakan faktor eksternal dalam pengambilan keputusan pembelian, sedangkan pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan gaya hidup merupakan faktor internal dalam pengambilan keputusan pembelian yang pengaruhnya lebih besar. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi mahasiswa dalam mengambil keputusan pembelian, sehingga menjadi acuan dalam hidup untuk mengatur keuangan dan digunakan ecara rasional dengan seoptimal mungkin dimulai sejak dini.