SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Self Efficacy dan Locus of Control Terhadap Perilaku Menyontek Siswa Kelas XI IPS Pada Tes Ekonomi di SMA Negeri 4 Sidoarjo

Suci Wulandari

Abstrak


Kata kunci: Self Efficacy, Locus of Control, Perilaku Menyontek

Dalam lingkungan sekolah atau akademisi, seorang siswa selalu dituntut untuk berprestasi. Salah satu hal yang menandakan bahwa seorang siswa bisa dikatakan berprestasi adalah dengan meraih nilai yang tinggi ketika ujian. Namun sayangnya, untuk meraih nilai tinggi, siswa melakukan tindakan kecurangan seperti menyontek. Perilaku menyontek sudah menjadi suatu fenomena dan permasalahan dalam dunia pendidikan, namun sayangnya hal tersebut justru dianggap lumrah dan tidak ada sanksi yang tegas. Karna tidak ada sanksi yang tegas, tidak heran apabila perilaku menyontek dapat ditemukan dalam semua tingkat pendidikan. Berdasarkan masalah tersebut, perlu dilakukan penelitian mengenai perilaku menyontek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis:

(1) pengaruh self efficacy terhadap perilaku menyontek

(2) pengaruh locus of control terhadap perilaku menyontek

(3) pengaruh self efficacy dan locus of control terhadap perilaku menyontek siswa kelas XI IPS saat tes ekonomi di SMA Negeri 4 Sidoarjo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi untuk menganalisis pengaruh variabel bebas self efficacy dan locus of control terhadap variabel terikat yakni perilaku menyontek siswa kelas XI IPS saat tes ekonomi di SMA Negeri 4 Sidoarjo. Pengumpulan data dengan menggunakan angket kepada 104 sampel. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda program SPSS versi 22.

Hasil uji analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa:

(1) self efficacy berpengaruh terhadap perilaku menyontek sebesar 11,8%

(2) locus of control berpengaruh terhadap perilaku menyontek sebesar 11,2%

(3) self efficacy dan locus of control berpengaruh terhadap perilaku menyontek sebesar 23%.

Berdasarkan hasil uji analisis maka dapat ditarik kesimpulan:

(1) self efficacy berpengaruh terhadap perilaku menyontek siswa kelas XI IPS saat tes ekonomi di SMA Negeri 4 Sidoarjo,

(2) locus of control berpengaruh terhadap perilaku menyontek siswa kelas XI IPS saat tes ekonomi di SMA Negeri 4 Sidoarjo,

(3) self efficacy dan locus of control berpengaruh terhadap perilaku menyontek siswa kelas XI IPS saat tes ekonomi di SMA Negeri 4 Sidoarjo.

Di dalam penelitian ini penulis memberikan saran kepada:

(1) para siswa-siswi SMAN 4 Sidoarjo untuk dapat lebih percaya akan kemampuan dirinya dalam menyelesaikan kewajiban akademis sehingga dapat mengurangi kecenderungan terjadinya perilaku menyontek,

(2) pihak sekolah disarankan untuk terus mendukung para siswa-siswi dengan memberikan bimbingan tambahan bagi siswa-siswi yang mengalami kesulitan dalam belajar,

(3) peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk melakukan penelitian lanjutan dengan metode penelitian yang berbeda.