SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pola Pendidikan Ekonomi Dalam Keluarga Pemilik Home Industri (Studi Kasus Kelurahan Tunjungsekar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang).

Lilis Widyaningsih

Abstrak


Banyak aktivitas yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari salah satumya adalah bekerja. Ada berbagai macam pekerjaan yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan membuka usaha atau berwirausaha. Membuka usaha atau beriwirausaha dapat memperoleh penghasilan. Penghasilan yang diperoleh digunakan untuk melakukan kegiatan ekonomi yang meliputi produksi, distribusi dan konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomi tersebut juga dilakukan oleh keluarga yang menjalankan usaha  rumahan. Setiap hari keluarga melakukan kegiatan ekonomi dan hal ini dilihat bahkan tidak jarang anak mengikuti perilaku yang dilakukan orang tuanya. Agar anak terhindar dari perilaku ekonomi yang berlebihan  maka  orang tua berkewajiban memberikan pendidikan ekonomi kepada anak yang dapat dilakukan dengan menggunakan pola pendidikan yang bervariasi. Fokus dalam penelitian ini adalah pola pendidikan ekonomi dalam keluarga pemilik home industri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dimana subjek peneliti dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan observasi dan wawancara mendalam. Setelah semua data terkumpul selanjutnya dilakukan reduksi data, penyajian data dan  penarikan kesimpulan sebagai langkah untuk menganalisis data. Keabsahan data dapat dikatakan kredibel peneliti melakukan perpanjangan pengamatan dan triangulasi yang terdiri dari triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola pendidikan ekonomi yang diterapkan dalam keluarga pemilik usaha rumahan bervariasi. Pemilik usaha rumahan menerapkan pendidikan ekonomi melalui keteladanan melalui pemberian contoh nyata dan dalam pelaksanaannya menerapkan  pola asuh demokratis dan pola asuh situasional.  Pendidikan ekonomi melalui pembiasaan yang meliputi memberikan uang saku, menerapkan hidup hemat dan menabung, mengontrol konsumsi diterapkan dengan pola otoriter, pola demokratis dan pola situasional. Pendidikan ekonomi melalui intesitas komunikasi diterapkan dengan menggunakan pola demokratis dan situasional.