SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Perilaku Konsumsi Siswa Ditinjau dari Pendidikan Ekonomi Keluarga dan Pengelolaan Uang Saku

Elina Trika

Abstrak


RINGKASAN

Elina, Trika.  2019.  Analisis Perilaku Konsumsi Siswa Ditinjau Dari Pendidikan Ekonomi Keluarga Dan Pengelolaan Uang Saku. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

Kata Kunci: Perilaku konsumsi, pendidikan ekonomi keluarga, pengelolaan uang saku.

Perilaku konsumsi yang dilakukan oleh siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Batu meliputi kegiatan konsumsi menghabiskan nilai guna barang dan jasa. Perilaku konsumsi juga tidak terlepas dari kegiatan siswa dalam mengalokasikan uang saku yang dimiliki untuk digunakan dalam pemenuhan kebutuhan yang dilandasi dari pendidikan ekonomi keluarga yang diterimanya. Pendidikan ekonomi keluarga dapat diterapkan siswa dalam kehidupan sehari-hari yaitu penerapan dalam berkonsumsi dan mengelola uang pribadi. Pengelolaan uang saku siswa dapat dilihat dari strategi siswa dalam mengelola uang saku serta kegiatan menabung yang dilakukan oleh siswa tersebut. Pendidikan ekonomi dalam keluarga dan pengelolaan uang saku yang baik dalam diri siswa dapat menjadikan siswa memiliki pola konsumsi yang rasional. Fenomena yang menunjukkan bahwa siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Batu ini memiliki pola konsumsi yang masih pada batas rasional, namun rasionalitas tersebut berbeda antara satu siswa dengan siswa yang lain.

Fokus penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumsi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Batu yang ditinjau melalui pendidikan ekonomi keluarga dan pengelolaan uang saku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode penelitian fenomenologi. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Batu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi. Trianggulasi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Penelitian ini memperoleh hasil yaitu:

(1) konsumsi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Batu hanya cenderung pada konsumsi barang dan jasa,

(2) Perilaku konsumsi siswa dipengaruhi oleh lingkungan dan teman sebaya,

(3) Perilaku konsumsi siswa ditinjau dari pendidikan ekonomi keluarga yang diterima oleh siswa tergolong sudah cukup baik,

(4) Beberapa siswa menyisihkan uang sakunya untuk ditabung,

(5) Sebagian siswa yang uang sakunya disisihkan tetapi tidak ditabung dipergunakan untuk berjaga-jaga agar jika ada kebutuhan yang mendesak tanpa lagi meminta ke orang tua.