SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2016

Bagas Prasetyo

Abstrak


Pengelolaan keuangan merupakan kemampuan seseorang dalam mengatur dan mengelola keuangan. Mengatur dan mengelola yang dimaksud adalah seseorang dapat mengalokasikan pendapatan yang dimiliki untuk berbagai hal, diantaranya untuk konsumsi, kebutuhan pendidikan, dan simpanan. Ada beberapa faktor dalam pengelolaan keuangan yaitu ekonomi, sosial dan psikologi. Yang dimana dalam faktor ekonomi terdapat literasi keuangan dan dalam faktor sosial ada gaya hidup. Literasi keuangan merupakan faktor penentu dalam mengelola keuangan karena jika literasi keuangan seseorang itu baik maka dia akan memiliki pengelolaan keuangan yang baik pula. Gaya hidup mempengaruhi bagaimana individu memandang pengelolaan keuangan dan bagaimana mereka menetapkan aturan mereka dalam mengelola keuangan, jadi ketika gaya hidup seseorang itu baik maka pengelolaan keuangan mereka akan baik.

Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah literasi keuangan dan gaya hidup. Sedangkan variabel dependen adalah pengelolaan keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 20 for Windows. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 163 yang merupakan total dari 5 offering mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi angkatan 2016. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 116 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini angket. Skala pengukuran angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan mempunyai pengaruh positif terhadap pengelolaan keuangan mahsasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2016 dengan menunjukkan sumbangan efektifnya sebesar 10,17%. Sedangkan gaya hidup mempunyai pengaruh positif terhadap pengelolaan keuangan  mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2016 dengan menunjukkan bahwa sumbangan efektifnya sebesar 16,04%. Serta literasi keuangan dan gaya hidup berpengaruh positif terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2016 dengan menunjukkan bahwa sumbangan efektifnya sebesar 26%. Sisanya sebesar 74% pengelolaan keuangan dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.