SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kebiasaan Bertransaksi Masyarakat Bangkalan Madura

MUHAMMAD RADITYA DANU TIRTA

Abstrak


Transaksi merupakan sebuah timbal balik berupa kegiatan pembayaran atas barang atau jasa yang telah didapatkan oleh konsumen. Masyarakat Bangkalan Madura merupakan salah satu konsumen yang melakukan kegiatan konsumsi dimana di dalam nya juga melakukan transaksi sebagai timbal balik atas apa yang telah didapatkan oleh masyarakat. Masyarakat dalam bertransaksi menggunakan beberapa pertimbangan terdiri atas preferensi, persepsi, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi cara transaksi yang digunakan saat melakukan pembayaran. Dalam melakukan transaksi masyarakat Bangkalan Madura lebih memilih menggunakan transaksi secara tunai dibandingkan dengan non tunai. Transaksi secara tunai ini juga memunculkan sebuah kebiasaan dimana akan membawa uang secara banyak dan berlebih ketika melakukan transaksi tertentu. Kebiasaan bertransaksi yang dimiliki oleh masyarakat Bangkalan Madura ini dapat dibilang unik dan berbeda dibandingkan dengan kebiasaan bertransaksi di daerah lain.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebiasaan bertransaksi yang dimiliki oleh masyarakat Bangkalan Madura yang menjadi subjek pada penelitian ini. Untuk mengetahui kebiasaan bertransaksi pada masyarakat Bangkalan Madura tersebut, maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Tujuan dari penggunaan penelitian studi kasus ini adalah untuk menjelaskan dan memahami objek yang diteliti secara khusus sebagai sebuah “kasus”. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dengan pemilihan informan menggunakan teknik Snowball Sampling serta data sekunder yang didapat dari data BPS dan data nasabah Bank di Bangkalan Madura untuk memperkuat hasil penelitian.

Kebiasaan bertransaksi yang dimiliki oleh masyarakat Bangkalan Madura memiliki tiga aspek yaitu, preferensi bertransaksi masyarakat, faktor internal dan faktor eksternal. Preferensi bertransaksi mencakup pemilihan transaksi secara tunai atau non tunai, faktor internal mencakup persepsi akan prasangka dan rasa aman saat bertransaksi serta perasaan pasca bertransaksi, sedangkan faktor eksternal mencakup tingkat pendidikan, pekerjaan, dan kearifan lokal setempat. Berdasarkan penelitian kebiasaan bertransaksi masyarakat Bangkalan Madura memiliki kecondongan menggunakan transaksi secara tunai, meskipun masih terdapat beberapa informan yang menggunakan transaksi secara non tunai. Transaksi yang digunakan oleh masyarakat selain dipengaruhi oleh tiga aspek utama, transaksi yang dipilih juga disebabkan oleh masih minimnya pengetahuan akan bertransaksi secara non tunai atau pemanfaatan akan Bank dan fasilitas keuangan serta didukung oleh minimnya sarana prasarana keuangan yang tersedia di Bangkalan Madura.