SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG ANGKATAN 2016

Sulfitasari Noviana

Abstrak


RINGKASAN

Sulfitasari, Noviana. 2019.  Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2016. Skripsi. Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Wahjoedi, M. E.

Kata Kunci: Perilaku konsumsi, konsumsi konvensional, konsumsi online, dan konsumsi campuran.

Kegiatan konsumsi merupakan kegiatan pokok yang dilakukan makhluk hidup dalam rangka pemenuhan kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya. Di era modern ini mendorong individu menuju budaya hedonisme dalam berkonsumsi. Meluasnya globalisasi menyebabkan semakin beragamnya kebutuhan yang harus dipenuhi. Mahasiswa dalam hal ini juga termasuk remaja, yang mudah terpengaruh oleh hal baru. Penggunaan internet melalui android saat ini berkembang pesat dimana dapat diketahui segala kegiatan yang dilakukan manusia seelalu menggunakan internet dan android. Berdasarkan observasi awal peneliti menemukan bahwa konsumsi mahasiswa terdiri dari konsumsi konvensional, online, dan campuran. Ketiga konsumsi tersebut didukung oleh adanya internet dan android yang dimiliki mahasiswa baik untuk mencari informasi maupun berkonsumsi. Penelitian ini memfokuskan pada bagaimana konsumsi yang dilakukan oleh mahasiswa program studi S1 Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 secara konvensional, online, dan campuran.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik snowball sampling. Data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2016. Analisis yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data, sampai penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini yaitu konsumsi konvensional berkembang dengan baik meskipun banyak online shop yang menjual produknya melalui internet yang dapat dilihat dari masih banyaknya mahasiswa yang melakukan konsumsi konvensional untuk pembelian sebagian besar kebutuhan dan keinginannya. Konsumsi online dilakukan oleh mahasiswa dengan alasan banyaknya manfaat yang diperoleh seperti barang yang eksklusif, harga yang terjangkau mahasiswa, menghemat waktu serta barang yang dijual lebih banyak dan bervariasi dibandingkan yang dijual di toko konvensional. Terdapat dua mahasiswa yang memilih untuk melakukan konsumsi campuran dimana konsumsi konvensional untuk barang yang sifatnya sangat pribadi sedangkan secara online untuk barang yang sifatnya tahan lama dan tidak mudah rusak.

Peneliti memberikan saran kepada :

(1) mahasiswa, dapat melakukan kegiatan konsumsi sesuai dengan kebutuhan baik dalam mengkonsumsi makanan maupun penunjang penampilan serta dapat memanfaatkan android dan internet secara bijak dalam berkonsumsi.

(2) peneliti selanjutnya, dapat melakukan pengembangan penelitian mengenai kegiatan konsumsi oleh mahasiswa atau subjek lain menggunakan kriteria-kriteria tertentu.