SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Appy Pie pada Matapelajaran Ekonomi Materi Manajemen Kelas X SMA Laboratorium UM

Andrikanisa Vanisa Janatin

Abstrak


 

RINGKASAN

Andrikanisa, Vanisa Janatin. 2019.  Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Appy Pie pada Matapelajaran Ekonomi Materi Manajemen Kelas X SMA Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Ro’ufah Inayati, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Pengembangan Media, Media Pembelajaran, Mobile Learning

PowerPoint dan buku non digital merupakan media utama yang digunakan dalam pembelajaran Ekonomi masih memiliki beberapa kelemahan. PowerPoint merupakan media digital namun sifatnya hanya berisi poin dan tidak interaktif, maka masih perlu media lain untuk menjelasnkannya. Sedangkan buku non digital bersifat kurang praktis dan tidak interaktif. Dari dua kelemahan media tersebut maka diperlukan peningkatan kualitas media pembelajaran sesuai tuntutan zaman. Perkembangan teknologi digital pada abad 21 merupakan potensi untuk meningkatkan kualitas media pembelajaran sehingga meningkat pula kualitas pembelajaran. Kepemilikan ponsel oleh seluruh peserta didik dan banyaknya media pengembang aplikasi yang mudah dioperasikan juga menjadi potensi untuk mengembangkan media pembelajaran digital mobile learning.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran mobile learning berbasis Appy Pie untuk peserta didik kelas X SMA pada matapelajaran Ekonomi materi Manajemen. Langkah-langkah yang peneliti tempuh dalam penelitian dan pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis Appy Pie “EkoMa” antara lain:

1) potensi dan masalah,

2) mengumpulkan informasi dan literatur,

3) pengembangan produk awal,

4) validasi produk awal,

5) revisi produk awal,

6) uji coba produk pada kelas kecil,

7) revisi produk,

8) uji coba produk pada kelas besar,

9) revisi produk akhir, serta

10) produk akhir.

Setelah melalui uji validitas oleh dua ahli materi dan seorang ahli media, media pembelajaran yang diberi nama EkoMa diujikan kepada 31 peserta didik kelas X MIPA 4 SMA Laboratorium UM.

Dari keseluruhan data yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran EkoMa valid sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran. Persentase penilaian yang diperoleh dari ahli materi I sebesar 92% dan ahli materi II sebesar 100% apabila dirata-rata memperoleh persentase 96% yang artinya materi sangat valid dan layak digunakan. Sedangkan penilaian dari ahli media diperoleh persentase sebesar 100% sehingga media sangat valid dan layak digunakan. Dari data kuesioner uji coba produk pada kelas kecil diperoleh persentase rata-rata sebesar 95.33%, dan  rata-rata persentase uji coba pengguna pada kelas besar sebesar 96,48% yang artinya media pembelajaran sangat menarik bagi peserta didik.

EkoMa hanya dapat digunakan secara online dan hanya memuat materi Manajemen kelas X SMA, alangkah baiknya dalam pengembangan lebih lanjut dapat membuat media pembelajaran yang memuat materi lainnya dan dapat digunakan secara offline. Selain itu, diharapkan dalam pengembangan selanjutnya menggunakan kreativitas dan inovasi sehingga medi pembelajaran menjadi lebih baik dan menarik bagi penggunanya.