SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Inovasi Pengembangan Sektor Pertanian Melalui Penerapan Aplikasi Among Tani Di Kota Batu

Widiasari Della Berliana

Abstrak


RINGKASAN

Widiasari, Della Berliana. 2019.  Inovasi Pengembangan Sektor Pertanian Melalui Penerapan Aplikasi Among Tani Di Kota Batu. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Farida Rahmawati, S.E., M.E.

Kata kunci: Inovasi, Aplikasi Among Tani, Pertanian.

Dengan diselenggarakannya otonomi daerah, inovasi menjadi suatu keharusan dalam rangka percepatan ekonomi suatu daerah. Salah satu inovasi daerah yang sedang marak dikembangkan saat ini di Indonesia adalah konsep smart city atau kota cerdas. Kota Batu merupakan salah satu kota yang sedang menerapkan konsep tersebut. Sebagai kota yang dijuluki sebagai Kota Agropolitan, disamping memiliki potensi pertanian, sektor ini mengalami ancaman karena berbagai permasalahan yang ada. Aplikasi Among Tani merupakan suatu terobosan pada sektor pertanian di Kota Batu sebagai bentuk perbaikan permasalahan pertanian yang ada dan sebagai perwujudan dari konsep smart city yang sedang diterapkan. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti penerapan Aplikasi Among Tani serta dampak ekonominya di Kota Batu. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis

(1) implementasi Aplikasi Among Tani di Kota Batu dan

(2) dampak ekonomi implementasi Aplikasi Among Tani pada sektor pertanian di Kota Batu.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis konten pada Aplikasi Among Tani. Peneliti menggunakan pendekatan analisis konten untuk menganalisis penerapan Aplikasi Among Tani di Kota Batu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yaitu dengan melakukan wawancara kepada beberapa informan yaitu staf Dinas Pertanian Kota Batu, staf Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu, Koordinator TPP, Ketua Gapoktan dan Petani yang aktif menggunakan Aplikasi Among Tani di Kota Batu, sedangkan data sekunder diperoleh melalui literatur buku, jurnal serta sumber lain yang relevan dengan penelitian ini.

Hasil penelitan mengenai penerapan Aplikasi Among Tani berdasarakan indikator inovasi yaitu Keunggulan relatif (Relative Advantage). Keunggulan relatif Aplikasi Among Tani yaitu komunikasi dan penyampaian informasi lebih mudah dan sebagai media pemasaran hasil pertanian secara online; Kesesuaian (Compatibility). Aplikasi Among Tani telah sesuai dengan ketetapan yang berlaku dan jalan keluar yang ingin diperbaiki, namun masih kurang sesuai dengan kondisi petani di Kota Batu; Kerumitan (Complexity). Kerumitan yang dimiliki Aplikasi Among Tani dirasakan oleh petani dan TPP; Kemungkinan Dicoba (Triability). Aplikasi Among Tani Aplikasi Among Tani telah melalui fase uji coba pada awal tahun 2017 dan terbukti memberi keuntungan terutama pada menu keluhan dan produk; dan Kemudahan Diamati (Observability). Pemantauan dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Batu dan Dinas Pertanian Kota Batu, dan hasil yang didapat sampai pada tahun 2018 bahwa indikator keberhasilan yang telah ditetapkan belum terpenuhi. Sedangkan dampak ekonomi akibat penerapan dari Aplikasi Among Tani antara lain meminimalisir kegagalan panen; meluasnya pangsa pasar; dan menghemat waktu dan biaya.