SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Batu

Rahayu Erna

Abstrak


ABSTRAK

Rahayu, Erna. 2019.  Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Batu. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Hariyono, S.E., M.P., Ak.

Kata Kunci: pengetahuan kewirausahaa, efikasi diri, dan minat berwirausaha siswa.

Motivasi siswa untuk menjadi seorang wirausaha dapat digolongkan menjadi dua faktor, yaitu faktor instrinsik dan ekstrinsik. Faktor ekstrinsik adalah motivasi yang didapatkan karena lingkungan atau sesuatu yang berasal dari luar individu. Faktor ekstrinsik ini dapat berupa pengetahuan kewirausahaan, siswa yang telah memperoleh pengetahuan kewirausahaan dari mata pelajaran kewirausahaan yang diperolehnya di sekolah dapat memunculkan minat siswa atau ketertarikan siswa untuk menjadi seorang wirausaha. Sedangkan faktor instrinsiknya adalah sesuatu yang berasa dari dalam diri siswa sendiri. Faktor intrinsik ini dapat berupa suatu keyakinan atau kepercyaan diri siswa. Siswa selain harus memiliki pengetahuan kewirausahaan juga harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi sehingga siswa dapat secara berani mengambil keputusan dengan pertimbangan-pertimbangan yang ada untuk menjadi seorang wirausaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa. Dengan rumusan masalah sebagai berikut:

1). Apakah terdapat pengaruh antara pengetahuan  kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas X IPS SMAN 1 Batu?

2). Apakah terdapat pengaruh antara efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa kelas X IPS SMAN 1 Batu?

3). Apakah terdapat pengaruh antara pengetahuan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa kelas X IPS SMAN 1 Batu?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi untuk menganalisis pengaruh variabel bebas yaitu pengetahuan kewirausahaan (X1) dan efikasi diri (X2) terhadap variabel terikat yaitu minat berwirausaha (Y). Untuk menganalisis pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, di dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ber-ganda dengan menggunakan program IBM SPSS Stastitics Version 23 for Windows. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X IPS di SMAN 1 Batu yang berjumlah 153 siswa. Sampel di dalam penelitian ini berjumlah 108 siswa dengan menggunakan rumus Cochran. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data berupa tes dan angket yang akan diberikan kepada siswa kelas X IPS. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunkaan uji t, uji F, Uji koefisien determinasi (R2) dan sumbangan efektif yang sebelumya telah memenuhi uji asumsi klasik.

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengetahuan kewirausahaan dan efikasi diri berpengaruh terhap minat berwirausaha siswa kelas X IPS SMAN 1 Batu.