SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAFRID BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI PERPAJAKAN KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 GRATI KABUPATEN PASURUAN

Nurjannah Rahayu Intan

Abstrak


RINGKASAN

Nurjannah, Rahayu Intan. 2019.  Pengembangan Media Pembelajaran Pafrid Berbasis Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Perpajakan Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Grati Kabupaten Pasuruan. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Android, Pajak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di abad 21 memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan. Hal ini mempunyai hubungan yang harus dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Manfaatnya dapat digunakan untuk media pembelajaran di kelas. Media ini muncul sebagai upaya untuk membuat media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Tujuan dari penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis aplikasi android yang akan digunakan dalam proses pembelajaran untuk siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Grati Kabupaten Pasuruan pada mata pelajaran ekonomi materi perpajakan. Dan mengetahui kelayakan media berdasarkan validasi dari ahli materi, ahli media, guru pelajaran ekonomi, dan siswa.

Perancangan penelitian ini menggunakan model ADDIE. Terdapat 5 langkah yang dilakukan peneliti yaitu:

1. Analisis (Analyze),

2. Perancangan (Design),

3. Pengembangan (Development),

4. Implementasi (Implementation), dan

5. Evaluasi (Evaluation).

Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran pafrid berbasis aplikasi android dapat ditunjukkan dengan data dari uji kelayakan melalui validitas kuesioner. Yang pertama adalah hasil validasi oleh ahli materi adalah 98,33% sehingga dikatakan sangat valid dan untuk validitas oleh  ahli media adalah 96,92% yang dinyatakan sangat valid. Selain itu, hasil validitas oleh praktisis pembelajaran yaitu guru diperoleh 90% dan dikatakan sangat valid. Sedangkan validasi yang terakhir dilakukan oleh pengguna. Validasi ini ada 2 uji coba yang terdiri dari uji coba kelompok kecil yang diperoleh hasil sebesar 80,5% dan uji lapangan sebesar 81,7%. Dari kedua uji coba tersebut diartikan bahwa media pembelajaran ini sangat valid yang layak digunakan untuk proses pembelajaran. Rata-rata validasi keseluruhan sama dengan  89,49% dan dapat dinyatakan sangat valid.

Saran dari penggunaan media ini yaitu siswa diharapkan membaca petunjuk penggunaan, dan membaca keseluruhan materi sebelum mengerjakan soal kuis. Produk ini dapat digunakan dimanapun yang tidak terikat oleh ruang dan waktu. Adapun saran diseminasi yaitu peneliti mendaftarkan produknya ke HAKI sebelum disebarluaskan. Setelah itu peneliti bisa membuat akun di playstore, agar produknya dapat diunduh dan dimanfaatkan masyarakat umum.