SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN TOL TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA WERINGINANOM KECAMATAN TONGAS KABUPATEN PROBOLINGGO

Lesmana Muhammad Boby

Abstrak


ABSTRAK

Lesmana, Muhammad Boby. 2019. Dampak Pembangunan Jalan Tol Terhadap Pendapatan Masyarakat di Desa Weringinanom Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.Si.

Kata Kunci: Pembangunan, ekonomi, jalan tol, pendapatan, masyarakat

Pembangunan infrastruktur jalan tol di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang signifikan. Saat ini pembangunan jalan tol merupakan salah satu prioritas pemerintah era Presiden Joko Widodo untuk mendorong pemerataan daerah sehingga tidak terjadi kesenjangan sosial yang besar antar daerah. Salah satu usaha yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, khususnya di daerah Probolinggo dan sekitarnya adalah dengan membangun infrastruktur tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro). Pada penelitian ini wilayah yang dibahas adalah Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo khususnya yang terletak di Desa Weringinanom.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembangunan jalan tol Pasuruan-Probolinggo terhadap masyarakat desa Weringinanom Kecamatan Tongas dan mengetahui pengaruh pembangunan jalan tol PasuruanProbolinggo terhadap pertumbuhan perekonomian daerah. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus yaitu sebuah pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat, dengan melakukan wawancara dan observasi untuk mencari data.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa,

(1) Pembangunan jalan tol Pasuruan-Probolinggo tidak memiliki dampak terhadap perubahan jenis mata pencaharian utama maupun ada tidaknya mata pencaharian sampingan yang digeluti oleh masyarakat Desa Weringinanom tetapi yang berubah adalah jumlah pekerja yang menggeluti dari setiap mata pencahariannya.

(2) Kondisi tingkat pendapat warga Desa Weringinanim sebeum adanya pembangunan jalan tol yaitu persentase pendapatan Rp.3000.000 sebesar 8%. Sedangkan setelah adanya pembangunan jalan tol, kondisi pendapatan warga Desa Weringinanom mengalami kenaikan dan perubahan jumlah warga pada tiap tingkat pendapatan yaitu persentase pendapatan Rp.3000.000 sebesar 12%.