SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penanaman Modal Asing, Penanaman Modal Dalam Negeri, Nilai Tukar dan Tabungan Terhadap Laju Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Aini Siti Faridatul

Abstrak


ABSTRAK

Aini, Siti Faridatul. 2019.  Pengaruh Penanaman Modal Asing, Penanaman Modal Dalam Negeri, Nilai Tukar dan Tabungan Terhadap Laju Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Skripsi, Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Dwi Wulandari , S.E., M.M.

Kata Kunci : Investasi Asing, Investasi Domestik, Nilai Tukar, Tabungan, Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator penting bagi keberhasilan pembangunan nasional. Dalam mewujudkan pembangunan ekonomi yang baik perlu adanya pembangunan di segala bidang, terutama di bidang ekonomi. Laju pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami peningkatan dan penurunan sepanjang tahun 2010 sampai dengan tahun 2017. Sebagai negara berkembang tentunya Indonesia sangat membutuhkan banyak kebutuhan akan modal yang cukup besar antara lain dari penanaman modal asing , sektor penanaman modal dalam negeri ,simpanan masyarakat (tabungan nasional) dan dalam kerjasama internasional yang melihat nilai tukar atau mata uang domestik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel penanaman modal asing, penanaman modal dalam negeri, nilai tukar, tabungan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari website resmi Bank Indonesia (BI), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pusat Statistik (BPS). Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data kuantitatif berbentuk data kurun waktu (time series). Dalam penelitian ini menggunankan instrumen penelitian dokumentasi yang kemudian dianalisis  menggunakan analisis regresi linier berganda dengan metode kuadrat terkecil (Ordinary Least Squares).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman modal asing tidak berpengaruh terhadap laju pertumbuhan ekonomi. Penanaman modal dalam negeri tidak berpengaruh terhadap laju pertumbuhan ekonomi. Nilai tukar tidak berepengaruh terhadap laju pertumbuhan ekonomi. Tabungan tidak berpengaruh terhadap laju pertumbuhan ekonomi.