SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kesiapan Calon Guru Ekonomi Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi Negeri Eks-IKIP di Jawa Timur)

Febrianto Indra

Abstrak


RINGKASAN

Febrianto, Indra. 2019.  Analisis Kesiapan Calon Guru Ekonomi Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi Negeri Eks-IKIP di Jawa Timur). Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Ro’ufah Inayati, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci: kesiapan calon guru Ekonomi, Perguruan Tinggi Negeri Eks-IKIP Jawa Timur, revolusi industri 4.0, sektor pendidikan

Saat ini fase revolusi industri 4.0 sudah mencapai puncaknya dimana teknologi menjadi basis dalam kehidupan manusia. Pemerintah Indonesia juga telah menetapkan kebijakan making Indonesia 4.0 yang telah berkembang secara masif. Salah satu sektor yang harus dipersiapkan dalam mencapai making Indonesia 4.0 adalah sektor pendidikan yang dapat dilakukan dengan perbaikan kualitas sumber daya manusia. Kesiapan Calon guru Ekonomi menjadi tombak utama perbaikan kualitas sumber daya manusia dalam revolusi industri 4.0. Berdasarkan latar belakang tersebut maka perlu dilakukan penelitian yang berfokus untuk menganalisis kesiapan calon guru Ekonomi dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Data primer didapat dari wawancara mendalam bersama responden dan data sekunder didapat dari dokumen nilai mata kuliah keguruan dan kependidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Indikator yang digunakan untuk menganalisisi kesiapan calon guru Ekonomi ini adalah

(1) educational competence,

(2) competence for technological commercialization,

(3) competence of globalization,

(4) competence in the future strategies,

(5) conselor competence

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disumpulkan bahwa educational competence yang dimiliki oleh calon guru Ekonomi dari dua PTN Eks-IKIP di Jawa Timur ini telah cukup mumpuni untuk menghadapi revolusi industri 4.0, competence for technological commercialization calon guru ini belum terlalu baik untuk menghadapi revolusi industri 4.0, competence of golobalization yang dimiliki juga belum bisa maksimal dalam menghadapi revolusi industri 4.0, dan competence in the future strategy menunjukkan bahwa calon guru Ekonomi ini belum memiliki strategi yang pasti dalam memprediksi hal yang akan terjadi di fase revolusi industri 4.0, sedangkan conselor competence menunjukkan cukup baik namun masih belum cukup untuk menghadapi revolusi industri 4.0