SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 MALANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Sofia Rahmawati

Abstrak


Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah melalui proses belajar untuk dapat mengetahui seberapa paham siswa dalam suatu pembelajaran atau materi. Faktor yang dapat meningkatkan hasil belajar berasal dari faktor internal dan faktor ekternal siswa. Faktor eksternal untuk meningkatkan hasil belajar yaitu hubungan teman sebaya dan perhatian orang tua. Teman sebaya merupakan faktor penentu keberhasilan belajar siswa, hubungan teman sebaya yang baik dapat meningkatkan semangat belajar pada siswa. Perhatian orang tua dalam aktivitas belajar siswa meliputi membimbing, mengawasi, memotivasi dan pemenuhan fasilitas belajar siswa sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah teman sebaya dan perhatian orang tua. Sedangkan variabel dependen adalah hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 20 for Windows. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 150 yang merupakan total dari siswa kelas XI IPS. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel 109 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini angket dan dokumentasi. Skala pengukuran angket yang digunakan dalam penelitian adalah skala likert. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial meliputi regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, sumbangan efektif, dan koefisien determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa teman sebaya mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang dengan menunjukkan bahwa sumbangan efektifnya sebesar 21,51%. Sedangkan perhatian orang tua mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang dengan menunjukkan bahwa sumbangan efektifnya sebesar 4,55%. Serta teman sebaya dan perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang dengan menunjukkan bahwa sumbangan efektifnya sebesar 26%. Sisanya sebesar 74% hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 6 Malang dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.