SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang yang Berasal dari Luar Jawa

A'yun Qurroti

Abstrak


RINGKASAN

A’yun, Qurroti. 2019. Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang yang Berasal dari Luar Jawa. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Ro’ufah Inayati, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Perilaku Konsumsi, Pengalokasian uang saku, Kegiatan Konsumsi

Mahasiswa merupakan salah satu pelaku ekonomi yang dalam pemenuhan kebutuhan hidup dapat dilakukan dengan berkonsumsi. Perilaku konsumsi mahasiswa merupakan hasil belajar mahasiswa yang dilakukan di lingkungan sosial bermasyarakat mahasiswa. Perilaku konsumsi yang terjadi pada mahasiswa memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut juga terjadi pada mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi yang berasal dari luar Jawa. Berdasarkan hasil observasi awal, peneliti menemukan fenomena bahwa terdapat mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi yang berasal dari luar Jawa cenderung memiliki perilaku konsumsi yang berlebihan dan kurang rasional. Konsumsi yang berlebihan dan kurang rasional tersebut muncul karena mahasiswa tidak mampu mengontrol diri dalam berkonsumsi dan mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi yang berasal dari luar Jawa beranggapan bahwa biaya hidup di Jawa lebih murah dan terjangkau dibandingkan dengan biaya hidup di luar Jawa.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumsi mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi yang berasal dari Luar Jawa. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Tujuan penggunaan penelitian fenomenologi ini adalah untuk menggambarkan fakta dan keadaan yang sebenarnya yang terjadi di lapangan. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan menggunakan teknik Purposive Sampling.

Perilaku konsumsi mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi yang berasal dari luar Jawa lebih kepada perilaku konsumsi pada pemenuhan kebutuhan dan keinginan berupa pembelian barang, jasa dan liburan. Dalam berkonsumsi, informan jarang membuat skala prioritas konsumsi yang menyebabkan salah satu informan tidak mengontol diri dalam berkonsumsi. Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi yang berasal dari luar Jawa dalah faktor sosial dan faktor pribadi. Uang saku yang didapat oleh mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi yang berasal dari luar Jawa sebagian besar dialokasikan untuk pemenuhan kebutuhan pribadi dan kebutuhan kuliah. Namun terdapat pula mahasiswa yang mengalokasikan uang sakunya sebagian untuk ditabung. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian juga terdapat mahasiswa yang tidak dapat mengontrol diri dalam berkonsumsi dan mudah tertarik pada barang yang ditawarkan tanpa melihat kegunaan barang tersebut secara optimal yang menyebabkan perilaku konsumsi mahasiswa memiliki kecenderungan berperilaku irrasional. Namun ada beberapa yang memiliki kemampuan mengontol diri dengan baik dalam kegiatan konsumsi, sehingga dapat berperilaku rasional dalam berkonsumsi.