SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perilaku Pembelian Online dan Gaya Hidup Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015 Universitas Negeri Malang yang Menggunakan Media Sosial

Yessica Citra

Abstrak


RINGKASAN

Yessica,  Citra.  2019.  Perilaku Pembelian Online dan Gaya Hidup Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015 Universitas Negeri Malang yang Menggunakan Media Sosial. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agung Haryono, S.E., M.P., Ak

Kata Kunci: Perilaku Pembelian Online, Gaya Hidup, Media Sosial.

Media sosial saat ini telah menjadi trend dalam komunikasi pemasaran. Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi dan berbagi. Media sosial turut serta membawa pengaruh dalam perilaku konsumen, terlebih konsumen dari kalangan mahasiswa. Majunya teknologi informasi dan komunikasi membuat para produsen menjadikannya sebagai lahan untuk memperjual-belikan barangnya di internet, saat ini kita mengenalnya dengan sebutan online shop. Keberadaan online shop memberikan kemudahan bagi para konsumen yang tidak bisa mereka dapatkan ketika mereka berbelanja secara langsung. Kegiatan pembelian secara online selain untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa, juga dapat menunjang gaya hidup mereka dengan mengikuti trend yang ada di media sosial.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana data yang disampaikan serta pemaknaan mengenai yang terjadi dipaparkan dengan menggunakan kalimat verbal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.

Hasil penelitian ini adalah mahasiswa sering menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan teman, mencari berita, dan berbelanja. Saat pembelian online mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2015 yang menggunakan media sosial dominan membeli produk fashion. Mahasiswa cenderung lebih senang bebelanja secara online daripada berbelanja secara langsung. Ada beberapa faktor mahasiswa lebih senang berbelanja secara online daripada secara langsung antara lain barang yang bervariasi, lebih banyak potongan harga, dapat membandingkan harga, lebih hemat tenaga dan waktu tidak perlu keluar rumah. Ada beberapa mahasiswa yang bersikap rasional dan ada yang tidak rasional dalam membelanjakan uangnya. Mahasiswa selalu mengikuti trend yang ada namun tetap sesuai dengan gaya hidup dan keuangan mahasiswa.

Saran bagi mahasiswa untuk memenuhi kegiatan dan kebutuhannya diharapkan dapat membuat skala prioritas sebelum melakukan konsumsi sehingga dapat mengambil keputusan yang rasional dalam berkonsumsi. Bagi peneliti selanjutnya agar dapat menjadi sumber informasi dan sebagai bahan kajian yang berkaitan dengan penelitian sejenis.