SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Internal Locus of Control, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII SMK Cendika Bangsa Kepanjen

Alhusna Zain Maulida

Abstrak


 

ABSTRAK

Alhusna, Zain Maulida. 2019.  Pengaruh Internal Locus of Control, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Dosen Dr. Lisa Rokhmani, M.Si.

Kata kunci: Internal Locus of Control, Lingkungan Keluarga, Pendidikan   Kewirausahaan, Minat Berwirausaha

Sebagai negara berkembang Indonesia memiliki masalah dalam perekonomian yaitu pengangguran. Tingkat pengangguran terbuka dilihat dari tingkat pendidikan, menunjukkan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan memiliki ratio pengangguran tertinggi di bandingkan tingkat pendidikan lainnya. Perlunya mencetak wirausaha baru sebagai salah satu cara mengurangi pengangguran. Namun minat para lulusan SMK hanya mencoba menjadi karyawan, pegawai, buruh atau bekerja untuk sekedar menutupi kebutuhan hidupnya. Hal ini menunjukkan bahwa minat lulusan SMK untuk menjadi wirausaha masih rendah jika dibandingkan minat untuk bekerja. Perlunya mengetahui faktor – faktor yang dapat mempengaruhi minat berwirausaha. Untuk itu peneliti mengambil faktor kepribadian yaitu internal locus of control, merupakan faktor siginifikan yang akan memunculkan minat berwirausaha. Faktor hubungan dengan keluarga yaitu lingkungan keluarga dapat mempengaruhi minat berwirausaha siswa. Faktor lingkungan fisik yaitu lingkungan tempat tinggal manusia, dalam hal ini lingkungan fisik siswa adalah tempat belajar yaitu sekolah yang menyajikan pendidikan kewirausahaan merupakan faktor yang diperhitungkan sebagi penentu minat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksplanasi untuk menjelaskan pengaruh Internal locus of control (X1), lingkungan keluarga (X2), dan pendidikan kewirausahaan (X3), terhadap minat berwirausaha (Y) siswa kelas XII SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa, dengan perhitungan menggunakan rumus cochran diperoleh sampel sebanyak 90 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda menggunkan SPSS 16 for windows dengan kriteria signifikansi 0,05.

Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa:

(1) Pengaruh internal locus of control terhadap minat berwirausaha sebesar 20,6%,

(2) Terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha sebesar 17,7%

(3) Terdapat pengaruh pendidikan kewirausahaan dengan minat berwirausaha sebesar 04,0%, dan

(4) pengaruh internal locus of control ,lingkungan keluarga, pendidikan kewirausahaan sebesar 42,3%. Penelitian ini menunjukkan masing – masing variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat.