SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemenfaatan Gadget, Jumlah Uang Saku, dan Perilaku Konsumtif terhadap Gaya Hidup Generasi Milennial Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2016

Ardita Dwiki Putri Pratiwi

Abstrak


Akibat dari kecanggihan teknologi telah menyebabkan keinginan untuk mencari pemuas kebutuhan ikut bertambah. Karena teknologi telah menyebabkan tampilan barang- barang pemuas kebutuhan semakin menarik dan mudah di temui sehingga dorongan untuk terus mencari pemuas kebutuhan semakin mudah dipengaruhi. Perilaku konsumtif ini tidak hanya mewabah di kalangan dewasa, tapi juga sudah menyebar di kalangan remaja. Generasi muda saat ini yang sering dikenal dengan generasi Y atau generasi millennial merupakan generasi yang lahir sekitar tahun 1980- 2000. Kebiasaan generasi millennial yang sangat bergantung dengan pengguna smarthphone atau handphone ini menyebabkan pada generasi ini berperilaku terlalu konsumtif. Pada penelitian ini peneliti mengamati perilaku mahasiswa pendidikan ekonomi universitas negeri malang angkatan 2016 yang cenderung memiliki gaya hidup generasi millennial.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi untuk menjelaskan pengaruh penggunaan gadget (X1), jumlah uang saku (X2), dan perilaku konsumtif (X3) terhadap gaya hidup generasi millennial (Y) mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2016. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan angket dengan sampel sebanyak 116 mahasiswa dari prodi pendidikan bantuan program aplikasi SPSS for Windows 16.0.

Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa:

(1) pengaruh penggunaan gadget terhadap gaya hidup generasi millennial sebesar 9,7%,

(2) pengaruh jumlah uang saku terhadap gaya hidup generasi millennial sebesar 9,7%,

(3) pengaruh perilaku konsumtif terhadap gaya hidup generasi millennial sebesar 33,6%, dan

(4) pengaruh penggunaan gadget, jumlah uang saku, dan perilaku konsumtif terhadap gaya hidup generasi millennial Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang sebesar 52,2%. Dari penelitian ini dapat dikatakan masing- masing variabel bebas mempunyai hubungan yang signifikan terhadap variabel terikatnya.