SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

FAKTOR- FAKTOR YANG MEMENGARUHI LITERASI KEUANGAN PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2016

Widyawati Noha

Abstrak


RINGKASAN

Widyawati, Noha. 2019. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Literasi Keuangan Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, M.Div., M.E

Kata Kunci: Faktor Literasi Keuangan, Literasi Keuangan, Mahasiswa.

Literasi keuangan merupakan suatu hal penting yang harus dimiliki seorang individu. Literasi keuangan berdampak besar dalam kesejahteraan individu. Literasi keuangan yang dimiliki seorang individu mencerminkan bagaiamana seseorang tersebut akan mengelola keuangan yang mereka miliki dengan baik dan efisien. Mahasiswa prodi pendidikan ekonomi mendapatkan pembelajran mengenai literasi keuangan disetiap perkuliahannya. Seharusnya mahasiswa prodi pendidikan ekonimi memiliki literasi keuangan yang baik. Hal tersebut berbeda dengan hasil observasi pra penelitian yang ditemukan adanya fenomena mahasiswa yang kurang baik dalam pengelolaan keuangannya seperti konsumtif, boros, dan kehabisan uang saku. Sehingga fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi literasi keuangan pada mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2016 di Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Dimana peneliti melakukan observasi untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi literasi keuangan mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2016. Peneliti melakukan wawancara terhadap beberapa mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2016  yang memiliki literasi keuangan yang berbeda-beda. Mahasiswa tersebut dijadikan informan yang akan diwawancarai secara mendalam mengenai faktor-faktor yang mendasari literasi keuangan mereka.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari ketujuh informan yang diwawancarai secara mendalam terdapat faktor utama dan faktor pendukung yang memengaruhi literasi keuangan mahasiswa. Faktor utama tersebut adalah faktor pendidikan keuangan di keluarga dan pendidikan keuangan di sekolah. Sedangkan faktor pendukung yaitu usia, gender, dan lingkungan teman sebaya. Pendapatan orang tua dalam penelitian ini tidak mendasari literasi keuangan mahasiswa.