SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

FAKTOR- FAKTOR YANG MEMENGARUHI LITERASI KEUANGAN PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2016

Widyawati Noha

Abstrak


RINGKASAN

Widyawati, Noha. 2019. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Literasi Keuangan Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, M.Div., M.E

Kata Kunci:Faktor Literasi Keuangan, Literasi Keuangan, Mahasiswa.

Literasi keuangan merupakan suatu hal penting yang harus dimiliki seorangindividu. Literasi keuangan berdampak besar dalam kesejahteraan individu. Literasi keuangan yang dimiliki seorang individu mencerminkan bagaiamana seseorang tersebut akan mengelola keuangan yang mereka miliki dengan baik dan efisien. Mahasiswa prodi pendidikan ekonomi mendapatkan pembelajran mengenai literasi keuangan di setiap perkuliahannya. Seharusnya mahasiswa prodi penndidikan ekonimi memiliki literasi keuangan yang baik. Hal tersebut berbeda dengan hasil observasi pra penelitian yang ditemukan adanya fenomena mahasiswa yang kurang baik dalam pengelolaan keuangannya seperti konsumtif, boros, dan kehabisan uang saku. Sehingga fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi literasi keuangan pada mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2016 di Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Dimana peneliti melakukan observasi untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi literasi keuangan mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2016. Peneliti melakukan wawancar terhadap beberapa mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2016  yang memiliki literasi keuangan yang berbeda-beda. Mahasiswa tersebut dijadikan informan yang akan diwawancarai secara mendalam mengenai faktor-faktor yang mendasari literasi keuangan mereka.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari ke tujuh informan yang diwawancarai secara mendalam terdapat faktor utama dan faktor pendukung yang memengaruhi literasi keuangan mahasiswa. Faktor utama tersebut adalah faktor pendidikan keuangan di keluarga dan pendidikan keuangan di sekolah. Sedangkan faktor pendukung yaitu usia, gender, dan lingkungan teman sebaya. Pendapatan orang tua dalam penelitian ini tidak mendasari literasi keuangan mahasiswa.

 

SUMMARY

Widyawati, Noha. 2019. The Factors that Influence Of Financial Literacy in S1 Economic Education at Universitas Negeri Malang. Sarjana’s Thesis. Department of Economic Development, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang, Advisor: Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, M.Div., M.E

Keywords: Factors of Financial Literacy, Financial Literacy, Students.

Financial literacy is an important thing that must have by an individual. Financial literacy has a major impact on individual welfare. A person's financial literacy reflects how someone will manage finances that are well-owned and efficient. The college students of the Economics education study program get the study on financial literacy in each of their lectures. The economics education study program students should have good financial literacy. This is different from the results of the pre-research observations that found the phenomenon of students who are not good in managing their finances such as consumptive, wasteful, and running out of pocket money. So the focus of this study to find the factors that influence financial literacy at the college students of the economic education program in the 2016 Generation at the State University of Malang.

This research uses qualitative methods with a type of phenomenological. Where the researcher conducted observations to find how to find the factors literacy at the college students of the economic education study program in the 2016 Generation. The researcher conducted an initial interview with several college students with different levels of literacy financial to get information. These students are used as informants who will be interviewed depth about the factors that influence financial literacy.

The results of this study indicate from the seven informants interviewed depth, there are main factors and supporting factors that influence financial literacy of college student. The main factors are financial education in the family and financial education in schools. While supporting factors are age, gender, and peer environment. Parent income in this study does not influence financial literacy.