SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penataan Ruang Terbuka Hijau Terhadap Aspek Ekonomi di Taman Trunojoyo Kota Malang

Fahmi Mochammad

Abstrak


RINGKASAN

Fahmi, Mochammad. 2019. Pengaruh Penataan Ruang Terbuka Hijau Terhadap Aspek Ekonomi di Taman Trunojoyo Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dwi Wulandari, S.E., M.M.

Kata Kunci: Penataan Ruang Terbuka Hijau, Aspek Ekonomi

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penataan ruang terbuka hijau terhadap aspek ekonomi di Taman Trunojoyo Kota Malang yang di analisis dengan regresi linier sederhana melalui Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, yaitu pedagang yang berjualan di Taman Trunojo dan aspek ekonomi yang terdiri dari penjualan, pendapatan, konsumsi, dan tabungan.. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 pedagang. Metode analisis penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana yang dikelola melaui SPSS.

Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hubungan penataan ruang terbuka hjau berpengaruh positif terhadap penjualan. Penataan ruang terbuka hijau berpengaruh positif terhadap pendapatan keluarga. Pentaan ruang terbuka hijau berpengaruh positif terhadap konsumsi masyarakat yang berkunjung ke Taman Trunojoyo. Penataan ruang terbuka hijau berpengaruh positif terhadap tabungan penjual sekitar Taman Trunojoyo. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penataan ruang terbuka hijau di Taman Trunojoyo Kota Malang berpengaruh terhadap aspek ekonomi.