SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PRINSIP KOPERASI Di KOPERASI UNIT DESA (KUD) TANI WILIS DESA DONO KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG

Surya Bimantoro Atmojo

Abstrak


ABSTRAK

Surya, Bimantoro. 2018. Penerapan Prinsip Koperasi Di Koperasi Unit Desa (KUD) Tani Wilis Desa Dono Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Skripsi.Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Mit Witjaksono, MS. Ed

Kata Kunci: Penerapan, Koperasi, Prinsip Koperasi

KUD Tani Wilis merupakan salah satu badan usaha berbentuk koperasi, sebagai usaha koperasi dalam menjalankan kegiatan usaha berlandaskan prinsip-prinsip koperasi. Prinsip tersebut merupakan jati diri koperasi yang membedakan dengan badan usaha yang lain. Namun permasalahanya apakah koperasi tersebut dalam berkegiatan telah sesuai dengan prinsip-prinsip perkoperasinya, jangan sampai suatu badan usaha koperasi namun dalam melakukan kegiatan usahanya tidak sesuai dengan prinsip perkoperasian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah koperasi dalam melakukan kegiatannya telah sesuai penerapanya terhadap prinsip koperasi. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi.

Hasil penelitian didapat bahwa dalam prinsip koperasi, yaitu A).Kesukarelaan menjadi anggota koperasi, B). Pengelolaan dilakukan secara demokrasi, C). Pembagian sisa hasil usaha sesuai jasanya, D).kemandirian, E). Pendidikan koperasi, dan kerjasama koperasi telah sesuai diterapakan oleh koperasi tersebut dalam kegiatan perkoperasianya.