SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Integrasi Vertikal Dalam Rangka Mewujudkan Product Development untuk Meningkatkan Pendapatan Petani Kopi di Desa Pecalukan.

Kusmantyo Yustian

Abstrak


ABSTRAK

Kusmantyo, Yustian. 2018. Penerapan Model Integrasi Vertikal Dalam Rangka Mewujudkan Product Development untuk Meningkatkan Pendapatan Petani Kopi di Desa Pecalukan. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Agus Sumanto, SE, M.SA.

Kata Kunci : Petani Kopi, Integrasi Vertikal, Product Development, Pendapatan

Indonesia mempunyai peluang besar dan prospek yang sangat baik untuk mengembangkan kopi bila ditinjau dari  konsumsi domestik dan pasar ekspor.  Permintaan kopi dunia cukup besar dan menunjukkan trend yang terus meningkat. Data dari International Coffee Organization menunjukkan bahwa trend peningkatan konsumsi kopi dunia terjadi sejak tahun 2010 dengan jumlah peningkatan rata-rata sebesar 2.5%/tahun. Pada tahun 2020 diperkirakan kebutuhan kopi dunia akan mencapai 10.3 juta ton (ICO. 2013).

Dibanding potensinya, pangsa ekspor ini masih terlalu rendah sehingga Indonesia mempunyai peluang besar untuk meningkatkan pangsa pasar ekspor kopi di pasar internasional.  Sebagai negara tropis. Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan industri kopi dengan aroma dan citarasa khas yang mampu menjadi brand image sesuai dengan indikasi geografis. Dari sudut persaingan pasar internasional, brand image ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Disamping itu, berkembangnya konsumen kelas menengah atas di Indonesia sesuai dengan tumbuhnya perkenomian nasional telah menjadi faktor pendorong meningkatnya konsumsi kopi di pasar domestik. Namun dari fakta diatas, sampai saat ini petani nyaris belum pernah mendapatkan keuntungan yang maksimal dari hasil perkebunan kopi milik mereka sendiri seperti yang terjadi di Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Tujuan dari penelitian pengembangan yang hendak dicapai oleh penulis dalam penelitian pengembangan ini adalah mewujudkan Product Development dengan menggunakan model integrasi vertikal dimana petani menguasai seluruh tahap dalam rantai suplai, baik tahap perawatan, pemanenan, produksi maupun tahap distribusi sehingga pendapatan petani dapat meningkat.

Penelitian pengembangan ini memperoleh produk akhir yang berupa sebuah produk kopi “COC” yang dikelola langsung oleh petani sehingga petani dapat mengontrol kualitas bahan baku dan dapat mendapatkan keuntunga yang lebih maksimal. Dari hasil tabel wawancara petani terbukti bahwa produk kopi “COC” memilki beberapa manfaat bagi petani dan warga desa Pecalukan salah satunya dapat meningkatkan pendapatan sampai dengan  30%. Menurut masyarakat sekitar produk kopi “COC” ini dianggap dapat meningkatkan potensi wisata dan industri lokal di kecamatan Prigen khususnya di desa Pecalukan.

Saran dari peneliti dalam memanfaatkan produk yang dikembangkan sebagai berikut

(1 petani harus memanfaatkan peluang melalui produk kopi ini untuk lebih meningkatkan pendapatan mereka;

(2 dengan adanya produk ini dapat meningkatkan  potensi pariwisata dan wirausaha di Desa Pecalukan dan sekitarnya yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.