SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENDIDIKAN EKONOMI KELUARGA, LITERASI KEUANGAN, DAN RASIONALITAS KONSUMSI TERHADAP PENGELOLAAN UANG SAKU SISWA KELAS XI PEMINATAN DAN LINTAS MINAT EKONOMI DI SMA NEGERI 3 MALANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Kartikasari Vitaria

Abstrak


RINGKASAN

Kartikasari, Vitaria. 2019. Pengaruh Pendidkan Ekonomi Keluarga, Literasi Keuangan, dan Rasionalitas Konsumsi terhadap Pengelolaan Uang Saku Siswa Kelas XI Peminatan dan Lintas Minat Ekonomi di SMA Negeri 3 Malang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, S.Th.,M.Div.,M.E.

Kata Kunci: Pendidikan Ekonomi Keluarga, Literasi Keuangan, Rasionalitas Konsumsi, Pengelolaan Uang Saku

Pengelolaan uang saku merupakan proses perencanaan, analisa, dan pengendalian keuangan yang dilakukan oleh siswa dimana siswa mampu memanfaatkan uang yang dimilki untuk memenuhi kebutuhan siswa tersebut. Dengan memberikan uang saku diharapkan dapat memberikan pengalaman secara langsung kepada anak dalam mengelola keuangannya. Dalam mengelola uang saku siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam mengelola keuangan mereka. Pengelolaan uang saku tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya pendidikan ekonomi keluarga, literasi keuangan, dan rasionalitas konsumsi. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai pengelolaan uang saku siswa kelas XI Peminatan dan Lintas Minat Ekonomi di SMA Negeri 3 Malang Tahun Ajaran 2018/2019

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan ekonomi keluarga, literasi keuangan dan rasionalitas konsumsi terhadap pengelolaan uang saku siswa kelas XI Peminatan dan Lintas Minat Ekonomi SMA Negeri 3 Malang tahun ajaran 2018/2019 secara parsial maupun secara simultan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes kepada 102 siswa. analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS 20 for Windows.

Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa:

(1) Pendidikan Ekonomi Keluarga berpengaruh terhadap pengelolaan uang saku siswa sebesar 17,62%.

(2) Literasi Keuangan berpengaruh terhadap pengelolaan uang saku siswa sebesar 24,59%.

(3) Rasionalitas Konsumsi berpengaruh terhadap pengelolaan uang saku siswa sebesar 12,21%.

(4) Pendidikan Ekonomi Keluarga, Literasi Keuangan, dan Rasionalitas Konsumsi berpengaruh terhadap Pengelolaan Uang Saku Siswa Kelas XI Peminatan dan Lintas Minat Ekonomi di SMA Negeri 3 Malang Tahun Ajaran 2018/2019 sebesar 54,42%.

Berdasarkan hasil analisis maka dapat ditarik kesimpulan bahwa:

(1) Pendidikan Ekonomi Keluarga berpengaruh terhadap Pengelolaan Uang Saku Siswa.

(2) Literasi Keuangan berpengaruh terhadap Pengelolaan Uang Saku Siswa.

(3) Rasionalitas Konsumsi berpengaruh terhadap Pengelolaan Uang Saku Siswa.

(4) Pendidikan Ekonomi Keluarga, Literasi Keuangan, dan Rasionalitas Konsumsi berpengaruh terhadap Pengelolaan Uang Saku Siswa Kelas XI Peminatan dan Lintas Minat Ekonomi di SMA Negeri 3 Malang Tahun Ajaran 2018/2019.

 

SUMMARY

Kartikasari, Vitaria. 2019. The Influence of Family Economic Education, Financial Literacy, and Consumption Rationality to Management of Student Pocket Money for 11th Grade Peminatan/Lintas Minat of Economics in SMA Negeri 3 Malang Academic Year 2018/2019. Sarjana’s Thesis. Department of Development Economics, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang, Advisor: Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, S.Th., M.Div., M.E.

Keywords: Family Economic Education, Financial Literacy, Consumption Rationality, Management of Student Pocket Money

Pocket money management is a process of planning, analysis, and financial control carried out by students where students are able to use the money owned to meet the needs of these students. Giving pocket money is expected to provide experience directly to children in managing their finances. In managing pocket money students have different abilities in managing their finances. The pocket money management can be influenced by several factors including family economic education, financial literacy, and consumption rationality. Therefore, it is necessary to conduct research on pocket money management in 11th Grade Peminatan/Lintas Minat of Economics in Malang State High School 3 Academic Year 2018/2019.

The purpose of this research is to analyze impact of family economic education, financial literacy and consumption rationality to management of  student pocket money in 11th Grade Peminatan/Lintas Minat of Economics in SMA Negeri 3 Malang Academic Year 2018/2019 partially or simultaneously.

This research used quantitative approach with the explanatory method. The technique to collect the data was done by distributing questionnaire and giving test to 102 students. Multiple regression linier with SPSS Program Version 20 was used in this study to analyze the data.

The results of the analysis in this research showed that:

(1) Family Economic Education  influences the management of student pocket money amount 17.62%.

(2) Financial Literacy affects the management of student pocket money amount 24.59%.

(3) Consumption Rationality affects the management of student pocket money amount 12.21%.

(4) Family Economic Education, Financial Literacy, and Consumption Rationality affect the Management of Student Pocket Money in 11th Grade Peminatan/Lintas Minat of Economics in SMA Negeri 3 Malang Academic Year 2018/2019 amount 54.42%.

Based on the results of the analysis, it can be concluded that:

(1) Family Economic Education influences the Management of Student Pocket Money.

(2) Financial Literacy affects the Management of Student Pocket Money.

(3) Consumption Rationality affects the management of student pocket money.

(4) Family Economic Education, Financial Literacy, and Consumption Rationality affect the Management of Student Pocket Money in 11th Grade Peminatan/Lintas Minat of Economics in SMA Negeri 3 Malang Academic Year 2018/2019.