SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui industri reyeng di dusun sawo desa payaman kecamatan solokuro kabupaten lamongan

Jayanti Yuni Indah

Abstrak


RINGKASAN

Jayanti, Yuni Indah. 2019. Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Melalui Industri Reyeng Di Dusun Sawo Desa Payaman Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, S.Th., M.Div., M.E.

Kata Kunci: Industri, Peningkatan Kesejahteraan, Ekonomi Keluarga

Kemiskinan yang dialami oleh masyarakat merupakan ketidakmampuan seseorang untuk mencukupi kebutuhan, baik secara material ataupun nonmaterial. Seperti halnya berdampak pada perekonomian masyarakat, dimana masyarakat masih merasakan kesulitan dalam mencukupi kebutuhan materialnya seperti pendidikan, kesehatan dan juga untuk meningkatkan dan memenuhi kebutuhan ekonomi rumah tangga mereka.

Pengembangan industri merupakan salah satu bagian dari pembangunan Nasional, sehingga pembangunan industri harus mampu memberikan sumbangan yang berarti terhadap pembangunan ekonomi, sosial politik maupun budaya. Dalam penentuan tujuan pembangunan sektor industri jangka panjang bukan hanya untuk mengatasi permasalahan dan kelemahan di sektor industri saja, akan tetapi juga harus mampu turut mengatasi permasalahan kemiskinan. Proses industralisasi atau pengembangan industri merupakan jalur kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi rakyat dalam arti tingkat hidup yang lebih maju maupun taraf hidup yang bermutu. Hal ini bisa dilihat dari sektor indutri kecil yang kebanyakan berada di lingkungan pedesaan dimana keberadaannya sangat berpengaruh pada perekonomian keluarga. dengan adanya industri kecil keluarga memiliki tambahan pendapatan dan menampung tenaga kerja artinya, masyarakat yang semula hannya mengandalkan perekonomian dari sektor pertanian maka dengan adanya industri kecil dapat memberikan pekerjaan sampingan atau mungkin dapat menjadi alternatif baru untuk mendirikan sebuah lapangan pekerjaan baru di sektor lain.

Di Dusun Sawo terdapat industri kecil yang disebut dengan industri reyeng. Industri reyeng merupakan kerajinan bambu/tumbu biasanya digunakan untuk tempat ikan laut baik segar maupun kering seperti ikan  pindang, ikan bandeng, dan lain-lain. Industri reyeng ini termasuk ciri khas industri rumah tangga / produk unggulan desa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana industri reyeng dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dusun sawo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data primer yang dipaparkan berupa hasil wawancara dari pihak yang bersangkutan, serta data sekunder berupa studi pustaka dan internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya industri reyeng mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dusun sawo, meliputi peningkatan pendapatan seperti konsumsi meningkat, memiliki tabungan keluarga, dan biaya pendidikan sekolah anak , membuka lapangan pekerjaan baru dan memiliki keterampilan.