SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA (STUDI FENOMENOLOGI PADA MAHASISWA S1 PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS NEGERI MALANG)

Vera Alvionita

Abstrak


Pada era modern mulai banyak tersebar wirausaha muda dari kalangan remaja hingga dewasa, mulai dari hal kecil yaitu online shop hingga berbagai usaha lainnya. Wirausaha merupakan orang-orang yang mengenal potensi dan belajar mengembangkannya untuk menangkap peluang serta mengorganisasi usaha dalam mewujudkan cita-citanya. Kewirausahaan tertuang dalam Peraturan Menteri Negara Koperasi dan UKM, Nomor: 06/Per/M.KUKM/VIII/ 2012 dengan harapan untuk mendorong dan mengakselerasi pemberdayaan Koperasi dan UMKM serta meningkatkan daya saing, “meskipun dalam usaha kecil merupakan tumpuan yang diharapkan mampu memiliki strategi dengan menjadikan usaha yang mandiri, dan berdaya saing untuk mengembangkan diri dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta mendukung perluasan kesempatan kerja dalam mewujudkan demokrasi ekonomi.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi angkatan 2015 Universitas Negeri Malang dalam berwirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena peneliti bermaksud untuk memberikan penjelasan lebih rinci mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan berwirausaha pada mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi angkatan 2015 Universitas Negeri Malang dalam berwirausaha sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian fenomenologi yang memandang bahwa jenis penelitian ini, mampu untuk memberikan informasi secara lebih luas dan mempu mengungkapkan fenomena-fenomena secara menyeluruh sesuai dengan fokus penelitian yang ingin diketahui oleh peneliti berdasarkan situasi dan kondisi yang sebenarnya, serta fenomena yang terjadi di lingkungan peneliti.

Hasil penelitian menunjukkan faktor yang menentukan keputusan mahasiswa untuk berwirausaha antara lain adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal pertama kebutuhan berprestasi, kedua internal locus of control, ketiga kebutuhan akan kebebasan dan keempat faktor pengalaman yang dimiliki. Sedangkan faktor eksternal pertama adanya role model, kedua adanya dukungan keluarga dan teman mahasiswa. Ketiga yaitu pendidikan yang ditempuh oleh mahasiswa.