SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh pembelajaran kewirausahaa, pengalamanan praktek kerja industri (prakerin), lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII SMK PGRI 2 Malang.

Sari Dwi Novita

Abstrak


RINGKASAN

Sari, Dwi Novita. 2019. Pengaruh pembelajaran kewirausahaa, pengalamanan praktek kerja industri  (prakerin), lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII SMK PGRI 2 Malang. Program studi pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Yohanes Hadi S, S.Th, M.Div, M.E.

Kata Kunci: Pembelajaran kewirausahaan, pengalaman prakerin, lingkungan keluarga dan miant berwirausaha.

Pembelajaran kewirausahaan adalah pembelajaran yang sudah diterapkan dikelas XI dan XII untuk megetahui bagaimanan menjadi seorang wirausaha dan membuka usaha untuk menjadi seorang wirausaha kewirausahaan juga menerapkan praktek kewirausahaan disisi lain ada juga dari faktor dukungan lingkungan keluarga termasuk orangtua juga untuk mendorong anak untuk memulai dunia kerja menjadi seorang wirausaha dan juga bekal dari pengalaman prakerin yang sudah dijalankan pada saat kelas XI sudah membantu siswan untuk mengetahui bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya bukan hanya sekedar praktek saja siswa juga terjun langsung untuk mengerjakan pekerjaan yang sudah disediakan dengan jurusannya masing-masing dari pengalaman tersebut siswa bisa membuka peluang usaha dengan memulai dari dunia bisnis seperti wirausaha setelah lulusan SMK nanti. Rumusan masalah penelitian ini adalah

(1) apakah ada pengaruh pembelajaran kewiraushaan terhadap minat berwirausaha kelas XII di SMK PGRI 2 Malang?,

(2) apakah ada pengaruh pengalaman praktek kerja industri terhadap minat wirausaha siswa kelas XII di SMK PGRI 2 Malang?,

(3) apakah ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat wirausaha siswa kelas XII di SMK PGRI 2 Malang?,

(4) apakah ada pembelajaran kewirausahaan, pengalaman praktek kerja industri (prakerin), lingkungan keluarga terhadap minat wirausaha siswa kelas XII SMK PGRI 2 Malang?.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK PGRI 2 Malang yang berjumlah 169 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus slovin dengan menggunakan tehnik “propotional random sampling” sehingga diperoleh 119 responden. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik kuesioner dan metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh posifitif dan pembelajaran kewirausahan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII SMK PGRI 2 Malang hal ini dikarenakan pembelajaran kewirausahaan terdapat teori-teori yang di ajarkan dikelas XI dan XII bukan hanya teori praktek kewirausahaan juga membantu siswa untuk tau bagaimana menjadi seorang wirausaha dan juga dari pengalaman praktek kerja industri yang telah dijalankan selama prakerin membantu siswa menpunyai bekal dalam bekerja setelah lulus nanti , faktor dari lingkungan keluarga dimana peran orangtua terutama ayah ibu dan saudara kandung juga membantu siswa mendorong dan mendidik untuk mempunyai pengetahuan dalam belajar dan pengalaman agar siswa bisa membantu perekonomian keluar setelah lulus dari sekolah.

 

SUMMARY

Sari, Dwi Novita. 2019. Effect of entrepreneurial learning, experience of industrial work practices (internship), family environment towards the interest in entrepreneurship for students of class XII of SMK PGRI 2 Malang. Sarjana’s Thesi.  Economic education study program, Faculty of Economics. Universitas Negeri Malang. Advisor Drs. Ir. Yohanes Hadi S, S.Th, M.Div, M.E.

Keywords: Entrepreneurship learning, internship experience, family environment and entrepreneurship potential.

Entrepreneurship learning is learning that has been applied in class XI and XII to find out how to become an entrepreneur and open a business to become an entrepreneurial entrepreneur also applying entrepreneurship practices on the other hand there is also a factor of family environment support including parents also to encourage children to start the workforce entrepreneurship and also the provision of practical experience that has been carried out when class XI has helped students to find out how the real world of work is not just a practice of students also directly involved in doing the work provided with their respective majors from the experience students can open business opportunities by starting from the business world such as entrepreneurship after a vocational school graduate later. The formulation of this research problem is

(1) whether there is influence of entrepreneurship learning on the interest in entrepreneurship in class XII in SMK PGRI 2 Malang ?,

(2) is there any influence of industrial work experience on entrepreneurial interests of class XII students in SMK PGRI 2 Malang ?,

(3 ) is there any influence of the family environment on the interest of entrepreneurial students of class XII in SMK PGRI 2 Malang ?,

(4) is there entrepreneurship learning, industrial work experience (internship), family environment towards entrepreneurial interests of class XII students of SMK PGRI 2 Malang ?.

This study uses a quantitative explanatory research design. The population in this study were students of class XII of SMK PGRI 2 Malang, totaling 169 students. Sampling in this study was based on Slovin formula by using "propotional random sampling" technique to obtain 119 respondents. Techniques of data collection using questionnaire techniques and the method used is multiple linear regression analysis.

The results showed that there were positive and significant effects of entrepreneurial learning on the interest in entrepreneurship in students of class XII of SMK PGRI 2 Malang, there were positive and significant effects of industrial work experience (internship) on the interest in entrepreneurship in class XII students of SMK PGRI 2 Malang, positive and significant influences family environment towards the interest of entrepreneurship students of class XII of SMK PGRI 2 Malang, and there is a simultaneous influence between entrepreneurial learning, pengalman industrial work practices (prakerin), family environment towards the interest in entrepreneurship students of class XII SMK PGRI 2 Malang.