SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH LITERASI EKONOMI, PENDIDIKAN EKONOMI DALAM KELUARGA DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA KELAS X-IS SMA NEGERI 8 MALANG

Nisak Ika Mahfirotun

Abstrak


 

RINGKASAN

Nisak, Ika Mahfirotun. 2019. Pengaruh Literasi Ekonomi, Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga, Pengendalian Diri, terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas X-IS SMA Negeri 8 Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakutas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

Kata Kunci: Literasi Ekonomi, Pendidikan Ekonomi Keluarga, Pengendalian Diri, Perilaku Konsumtif.

Literasi Ekonomi adalah kemampuan seseorang untuk memahami tentang ilmu ekonomi seperti tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui kegiatan ekonomi yang diwujudkan dalam tindakan ekonomi. Pendidikan ekonomi dalam keluarga adalah pendidikan utama yang diperolah oleh anak terutama dalam ilmu ekonomi. Dan pengendalian diri adalah kemampuan seseorang dalam mengotrol perilakunya termaksuk dalam hal ini adalah mengontrol perilaku konsumtifnya. Literasi ekonomi, pendidikan ekonomi dalam keluarga dan pengendalian diri adalah faktor yang mempengaruhi suatu konsumen bertindak konsumtif.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa variabel bebas terhadap fariabel terikat, yaitu

(1) pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X-IS SMA Negeri 8 Malang Tahun Ajaran 2018/2019,

(2) pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X-IS SMA Negeri 8 Malang Tahun Ajaran 2018/2019,

(3) pengaruh pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X-IS SMA Negeri 8 Malang Tahun Ajaran 2018/2019,

(4) pengaruh literasi ekonomi, pendidikan ekonomi dalam keluarga, pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X-IS SMA Negeri 8 Malang Tahun Ajaran 2018/2019.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif eksplanasi. Tehnik analisis menggunakan regresi linier berganda. Variabel dalam penelitian meliputi literasi ekonomi (X1), pendidikan ekonomi dalam keluarga (X2), pengendalian diri (X3), dan perilaku konsumtif (Y). tehnik sampling menggunakan random sampling, dari 103 populasi diambil sampel sebanyak 82 siswa. Yang tersebar di tiga kelas, menggunakan teknik penumpulan data berupa soal tes dan angket/kuesioner.

Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terbukti besaran probabilitas (Sig) pada literasi ekonomi, pendidikan ekonomi dalam keluarga, dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif siswa dengan tingkat signifikan masing-masing < 0,05. Uji F menunjukkan secara stimultan literasi ekonomi, pendidikan ekonomi dalam keluarga, dan pengendalian diri berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. 

 

SUMMARY

Nisak, Ika Mahfirotun. 2019. The Influence Of Economic Literacy, Family Economic Education and  Self-Control On Consumptive Behavior of Students Grade X-Social SMA Negeri 8 Malang. Sarjana’s Thesis. Departemen of Economics Developmen, Faculty of Economics, Universitas Negeri malang. Advisor: Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

Keywords: Economic Literacy, Family Economic Education, Self Control, Consumptive Behavior.

Economic Literacy is the ability of someone to understand about economics such as human actions to fulfill their life necessities that variant and unfold with existing resources through economic activities that are manifested in economic actions. Economic family education is the main education obtained by children, especially in economics. And self-control is a person's ability to control their behavior in this case is to control their consumptive behavior. Economic literacy, economic family education and self-control are factors that influence consumers to act consumptively.

This study was conducted the aim to determine the effect of several independent variables on dependent variables, namely

(1) the effect of economic literacy on consumptive behavior of students of class X-Social Malang 8 High School Year 2018/2019,

(2) the effect of economic family education on behavior consumptive students of class X-Social SMA 8 Malang Academic Year 2018/2019,

(3) the effect of self-control on consumptive behavior of students of class X-Social Malang 8 High School Year 2018/2019,

(4) influence of economic literacy, economic education in family, self-control of consumptive behavior of students of class X-Social Malang 8 SMA Academic Year 2018/2019.

This study uses a quantitative explanatory research design. The technique of analysis uses multiple linear regression. Variables in the study include economic literacy (X1), economic family education (X2), self-control (X3), and consumptive behavior (Y). sampling technique using random sampling, from 103 populations a sample of 82 students was taken. Spread in three classes, using data collection techniques in the form of test questions and questionnaires.

Based on the results of the analysis show that partially there is a significant effect proved the magnitude of probability (Sig) on economic literacy, economic family education, and self-control of consumptive behavior of students with a significant level each