SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kausalitas Investasi, Volume Ekspor, dan Volume Transaksi E-money Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Tahun 2009-2017

Warna Riza Dina Dia

Abstrak


ABSTRAK

Warna, Riza Dina Dia . 2019. Hubungan Kausalitas Investasi, Volume Ekspor,  Volume Transaksi E-money dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Period 2009-2017. Skripsi, Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Dwi Wulandari , S.E., M.M.

Kata Kunci :investasi, volume ekspor, volume e-money, pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi merupakan indikator keberhasilan perekonomian suatu negara, terlebih bagi negara sedang berkembang seperti Indonesia. Dibutuhkan peran kebijakan pemerintah  dalam mengatur pertumbuhan ekonomi demi mencapai tujuan kesejahteraan masyarakat. Melihat besarnya peran pertumbuhan ekonomi bagi pelaku ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, maka dibutuhkan informasi yang dapat menjadikan sebagai rumusan kebijakan untuk membangun pertumbuhan ekonomi serta untuk mencegah terulang kembali krisis  ekonomi moneter tahun 2009 akibat dari goncangan pasar global, yang berdampak pada fluktuasi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel investasi, volume ekspor, volume transaksi uang elektronik dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari website resmi Bank Indonesia, Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan Badan Pusat Statistik. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data kuantitatif berbentuk data kurun waktu (time series). Dalam penelitian ini menggunankan instrumen penelitian dokumentasi yang kemudian dianalisis  menggunakan hubungan kausalitas Granger.

Hasil penelitian menunjukkan hubungan kausalitas dua arah antara investasi pada pertumbuhan dan pertumbuhan ekonomi  terhadap investasi di negara Indonesia. Pada penelitian menemukan hubungan satu arah pada variabel volume transaksi uang elektronik dan variabel volume ekspor. Terdapat hubungan kausalitas antara pertumbuhan terhadap ekspor dan kausalitas uang elektronik terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.