SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengaruh Kebijakan Moneter Islam terhadap Inflasi di Indonesia

Inayah Ziadhatul

Abstrak


ABSTRAK

Inayah, Ziadhatul. 2019. Analisis Pengaruh Kebijakan Moneter Islam terhadap Inflasi di Indonesia. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Dwi Wulandari, SE., MM

Kata Kunci: Kebijakan Moneter Islam, FASBIS, SBSN, SBIS, Inflasi.

Inflasi merupakan masalah yang masih menjadi perhatian pemerintah maupun masyarakat. Diperlukan suatu kebijakan pemerintah untuk mengatasi masalah inflasi yang terjadi di Indonesia guna mencapai kestabilan ekonomi. Sejak diterapkannya sistem moneter ganda di Indonesia, kebijakan moneter islam menjadi salah satu langkah alternatif yang digunakan pemerintah untuk mengatasi inflasi yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan moneter islam terhadap inflasi yang ada di Indonesia, yang nantinya dapat memberikan wawasan serta masukan kepada pemerintah dalam mengambil suatu kebijakan.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Data yang digunakan merupakan data sekunder (time series) yang diperoleh dari Bank Indonesia, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kementerian Keuangan, Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan Badan Pusat Statistik dengan periode waktu Januari 2011 hingga September 2013. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 33. Penelitian ini menggunakan metode Vector Error Correction Model (VECM). Metode Vector Error Correction Model (VECM) bertujuan untuk mengetahui hubungan dalam jangka pendek maupun jangka panjang suatu variabel terhadap variabel yang lain.

Hasil Vector Error Correction Model (VECM) menunjukkan bahwa  Fasilitas Simpanan Bank Indonesia Syariah (FASBIS) menurunkan inflasi dalam jangka pendek, dan menaikkan inflasi dalam jangka panjang. Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) secara signifikan tidak berpengaruh terhadap inflasi dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS) berpengaruh positif signifikan terhadap inflasi jangka pendek. Namun, kenaikan Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS) dalam jangka panjang akan menurunkan inflasi.