SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PenerapanPembelajaran Model Team Games Tournament (TGT) Dengan Media MonopoliUntukMeningkatkanMotivasiBelajardanHasilBelajarSiswaPada Mata Pelajaran Ekonomi dan Bisnis Kelas X Akuntansi 1 di SMK Islam Batu.

Kuswiyanti Aprilia Indri

Abstrak


RINGKASAN

Kuswiyanti, Aprilia, Indri. 2019. Penerapan Pembelajaran Model Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar  dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi dan Bisnis Kelas X Akuntansi 1 di SMK Islam Batu. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si

Kata Kunci : Motivasi belajar, Hasil belajar, Model TGT, Media monopoli

Kemajuan suatu bangsa dipengaruhi oleh mutu pendidikan ,seperti di Indonesia pendidikan merupakan proses budaya yang bertujuan untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Pada kurikulum 2013 guru sangat berperan dalam membuat pembelajaran agar lebih kreatif yang dapat menciptakan rasa nyaman bagi peserta didik untuk menunjangn aktivitas peserta didik dikelas. Dari hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan membuktikan bahwa di SMK Islam Batu ini siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran mereka sering merasa bosan mengikuti pelajaran Ekonomi Bisnis ini. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah setiap dilakukan  ulangan harian hasilnya selalu dibawah standar  ketuntasan yaitu dibawah 78. Berdasarkan permasalahan tersebut , peneliti menerapkan  pembelajaran model TGT (Team Games Tournament) dengan media monopoli untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa  mata pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X Akuntansi 1 di SMK Islam Batu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui

(1) Peningkatan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran TGT dengan media monopoli

(2) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran TGT dengan media monopoli.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan mulai 18 januari sampai 8 Februari  2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 1 sebanyak  46 siswa. Peran peneliti disini bersifat mutlak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, pedoman wawancara, lembar observasi motivasi, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, soal pre test, soal post test, daftar hadir, kartu point, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan data pada siklus I dan siklus II.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model TGT dengan media monopoli secara umum dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Islam Batu. Dari paparan data dan temuan penelitian diketahui bahwa motivasi belajar klasikal keseluruhan mengalami peningkatan pada siklus I dengan persentase rata-rata yang diperoleh adalah 77,23% dimana persentase ini menunjukkan kategori baik. Kemudian, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 86,64% persentase ini meningkat menjadi ke kategori sangat baik. Hasil belajar siswa dapat diketahui dari post test setiap siklus. Ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata pada siklus I sebesar 79,02 meningkat pada siklus II menjadi 82,67.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model TGT dengan media monopoli dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Saran dari peneliti adalah penggunaan model pembelajaran untuk siswa yang bervariasi sangat ditekankan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, bagi guru mata pelajaran Ekonomi diharapkan untuk memberikan variasi dalam mengajar sehingga pembelajaran agar lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan, bagi peneliti selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi juga menjadi acuan dalam pengembangan konsep-konsep belajar di bangku perkuliahan serta sebagai sarana belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia pendidikan nantinya.

 

SUMMARY

Kuswiyanti, Aprilia, Indri. 2019. Developing  Team Games Tournament (TGT) Learning Model by Using Monopoly to Enhance Learning Motivation and Learning Outcome on Economics and Business for the Tenth Grade Students of Accounting at  SMK Islam Batu. Sarjana’s Thesis, Department of Development Economics, Faculty of Economics State University of Malang. Advisor: Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si

Keywords: Learning Motivation, Learning Outcome, TGT Model, Monopoly Media

The advancement of a nation is surely influenced by the education quality, as in Indonesia education is a cultural process that aims to increase human dignity. In the 2013 curriculum, teachers are very instrumental in making the learning more creative which can create a sense of comfort for students to support the activities of students in the class. From the results of observations and interviews that have been done, it is proven that in this Islamic Vocational School students are less enthusiastic in participating in learning. They often feel bored enrolling themselves in Business Economics lesson. This results in student learning outcomes being low every time the daily repetition results are always below the standard of completeness which is below 78. Based on these problems, researchers applied TGT model learning (Team Games Tournament) with monopoly media to increase student motivation and learning outcomes in Business Economics subject for the tenth grade students of Accounting 1 in SMK Islam Batu. The purpose of this study was to find out the following things:

(1) increasing student learning motivation by applying the TGT learning model with monopoly media and

(2) improving student learning outcomes by applying the TGT learning model with monopoly media.

This study is a Classroom Action Research (CAR) with a qualitative descriptive approach. This CAR is carried out in two cycles, cycle I and cycle II. Each cycle consists of action planning, implementation, observation, and reflection. The study was conducted from January 18th to February 8th, 2019. The subjects of this study were the tenth grade students of Accounting 1 as many as 46 students. The role of researchers here is absolute. The instruments used in this study were lesson plan, interview guidelines, and motivational observation sheets, observation sheets for implementation of learning models, pre- test questions, post test questions, attendance lists, point cards, and documentation. Data analysis is done by comparing data in cycle I and cycle II.

The results showed that the application of TGT model learning with monopoly media in general could increase motivation and student learning outcomes in Business Economics subject for the tenth grade students of Accounting 1 in SMK Islam Batu. From exposure to data and research findings, it is known that the overall classical learning motivation has increased in the first cycle with the average percentage obtained is 77.23% where this percentage shows a good category. Then, in the second cycle there was an increase of 86.64% this percentage increased to a very good category. Student learning outcomes can be known from the post-test every cycle. Student learning completeness from cycle I to cycle II has increased with the average in the first cycle of 79.02 increased in the second cycle to 82.67.

Based on the results of the study, it can be concluded that the application of TGT model learning with monopoly media can increase learning motivation and student learning outcomes. Suggestions from researchers are the use of learning models for students who vary greatly emphasized to increase motivation and student learning outcomes, for Economic subject teachers are expected to provide variety in teaching so that learning is more active, creative, and fun, for future researchers this research is expected to being a reference is also a reference in developing the concepts of learning in the classroom and as a learning tool to improve knowledge and skills.