SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FE UM DALAM PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN DI CAFE DITINJAU DARI GAYA HIDUP

Trisnaningsih Jayanti

Abstrak


Trisnaningsih, Jayanti. 2019. Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswa FE UM dalam Pembelian Makanan dan Minuman di Cafe Ditinjau dari Gaya Hidup. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

Kata Kunci: Cafe, Gaya Hidup, Nongkrong, Pembelian Makanan dan Minuman, Perilaku Konsumen Pendekatan Atribut, Perilaku Konsumtif.

Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi membuat smart phone menjadi kebutuhan utama bagi mahasiswa untuk memudahkan bersosialisasi, bertukar informasi, mengirimkan tugas kelompok, dsb. melalui dunia virtual khususnya media sosial. Terkadang ada kalanya mahasiswa berkumpul di cafe yang nyaman untuk bersosialisasi dan mendiskusikan tugasnya yang mana disebut sebagai kegiatan nongkrong oleh mahasiswa. Generasi muda khususnya mahasiswa memindahkan kegiatan sehari-hari di cafe seperti mengetik, membaca, mengobrol, maupun mencari hiburan. Kegiatan tersebut berdampak bagi kehidupan sosial (interaksi sosial), perubahan gaya hidup, pola konsumsi khususnya dalam pembelian makanan dan minuman. Malang dipilih oleh para pengusaha sebagai lokasi yang cocok untuk mendirikan cafe, dikarenakan Malang adalah kota pendidikan dan kota pariwisata sehingga cocok apabila sasaran penjualannya adalah generasi muda yang terdiri atas pelajar sekolah menengah sampai dengan mahasiswa atau yang berusia dari 13-22 tahun ke atas. Mahasiswa cocok dijadikan sebagai sasaran penjualan bagi pengusaha cafe dikarenakan mahasiswa cenderung berperilaku konsumtif, mudah terbujuk iklan (khususnya di media sosial) dan pengaruh teman, hal tersebut berlaku pada mahasiswa FE UM yang mana setidaknya telah mendapatkan teori-teori ekonomi seperti kebutuhan, perilaku konsumen, dan perilaku konsumtif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif mahasiswa FE UM dilihat dari gaya hidupnya dalam melakukan pembelian makanan dan minuman di cafe, maka peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Landasan teori yang digunakan adalah fenomenologi. Tujuan dari penggunaan teori fenomenologi ini adalah untuk menjelaskan dan memahami objek yang diteliti melalui pengalaman. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dengan pemilihan informan menggunakan teknik Purposive Sampling serta data sekunder yang didapat dari dokumentasi pribadi pada media sosial. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa faktor gaya hidup, indikator gaya hidup, dan perilaku konsumen pendekatan atribut berakibat pada keputusan mahasiswa FE UM dalam membeli makanan dan minuman di cafe, yang mana keputusan tersebut mengindikasikan perilaku konsumtif apabila disesuaikan dengan indikator perilaku konsumtif.