SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga, Kelompok Teman Sebaya dan Iklan terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI SMA Brawijaya Smart School Malang

Mafaza Suci Arin

Abstrak


Mafaza, Suci Arin. 2019. Pengaruh Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga, Kelompok Teman Sebaya dan Iklan terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI SMA Brawijaya Smart School. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr Sri Umi Mintarti,

Kata Kunci: Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga, Teman Sebaya, Iklan dan Perilaku Konsumtif.

Setiap orang melakukan kegiatan ekonomi dalam memnuhi kebutuhannya, khususnya dalam kegiatan berkonsumsi. Namun, dalam berkonsumsi ada sebagian orang yang lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan. Perilaku konsumsi yang lebih mementingkan keinginan tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja melainkan dilakukan oleh para remaja. Rumusan masalah penelitian ini adalah

(1) apakah ada pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI SMA Brawijaya Smart School ?,

(2) apakah ada pengaruh kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI SMA Brawijaya Smart School ?,

(3) apakah ada pengaruh iklan terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI SMA Brawijaya Smart School ?,

(4) apakah ada pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga, kelompok teman sebayal dan iklan terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI SMA Brawijaya Smart School ?.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Brawijaya Smart School yang berjumah 125 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus slovin dengan mengggunakan teknik “propotional random sampling” sehingga dipeoleh 95 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI SMA Brawijaya Smart School, terdapat pengaruh positif dan signifikan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI SMA Brawijaya Smart School, terdapat pengaruh positif dan signifikan iklan terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI SMA Brawijaya Smart School, dan terdapat pengaruh simultan antara pendidikan ekonomi dalam keluarga, kelompok teman sebaya dan iklan terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI SMA Brawijaya Smart School.

Saran yang diajukan adalah

(1) bagi sekolah dan guru ekonomi diharapkan memberikan penjelasan dan pengarahan kepada siswa mengenai pengaruh pendidikan ekonomi  dalam keluarga, teman sebaya dan iklan terhadap perilaku konsumtif siswa.

(2) bagi orang tua diharapkan meningkatkan pendidikan ekonomi kepada anak agar anak dapat melakukan konsumsi dengan baik.

(3) bagi siswa diharapkan mengaplikasikan pendidikan ekonomi yang telah diterima di sekolah, keluarga dan masyarakat agar dapat berperilaku konsumsi dengan baik dan memilih teman dan mengakses iklan dengan baik.

(4) bagi peneliti lain diharapkan mengembangkan penelitian ini mejadi lebih baik dengan menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi perilaku konsumtif dan dapat dilakukan di tempat lain.