SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Model Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi dan Bisnis Kelas X Akuntansi 1 di SMK Islam Batu.

Aprilia Indri Kuswiyanti

Abstrak


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 1 di SMK Islam Batu dengan menerapkan model pembelajaran TGT dengan media monopoli pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan pertanyaan post test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan pembelajaran model TGT dengan media monopoli dengan persentase pada siklus I 77,23% tergolong kategori baik hingga 84,63% pada siklus II termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa juga meningkat dengan penerapan model pembelajaran TGT dengan media monopoli ini dengan persentase ketuntasan klasikal 56,52% pada siklus pertama meningkat menjadi 78,26% pada siklus kedua. Saran yang dapat diberikan oleh penulis dalam penelitian ini adalah: (1) Bagi guru, disarankan untuk memberikan variasi dalam pengajaran sehingga pembelajaran lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan dengan syarat setiap guru dalam melaksanakan pembelajaran. (3) Untuk penelitian lebih lanjut, dapat menjadi referensi dan referensi dalam mengembangkan konsep pembelajaran sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia pendidikan.