SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Model Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi dan Bisnis Kelas X Akuntansi 1 di SMK Islam Batu.

Kuswiyanti Aprilia Indri

Abstrak


RINGKASAN

Kuswiyanti, Aprilia, Indri. 2019. Penerapan Pembelajaran Model Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar  dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi dan Bisnis Kelas X Akuntansi 1 di SMK Islam Batu. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si

Kata Kunci : Motivasi belajar, Hasil belajar, Model TGT, Media monopoli

Kemajuan suatu bangsa dipengaruhi oleh mutu pendidikan ,seperti di Indonesia pendidikan merupakan proses budaya yang bertujuan untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Pada kurikulum 2013 guru sangat berperan  dalam  membuat pembelajaran agar lebih kreatif yang dapat menciptakan rasa nyaman bagi peserta didik untuk menunjangn aktivitas peserta didik dikelas. Dari hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan membuktikan bahwa di SMK Islam Batu ini siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran mereka sering merasa bosan mengikuti pelajaran Ekonomi Bisnis ini. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah setiap dilakukan  ulangan harian hasilnya selalu dibawah standar  ketuntasan yaitu dibawah 78. Berdasarkan permasalahan tersebut , peneliti menerapkan  pembelajaran model TGT (Team Games Tournament) dengan media monopoli untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa  mata pelajaran Ekonomi  Bisnis kelas X Akuntansi 1 di SMK Islam Batu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui

(1) Peningkatan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran TGT dengan media monopoli

(2) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran TGT dengan media monopoli.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan mulai 18 januari sampai 8 Februari  2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 1 sebanyak  46 siswa. Peran peneliti disini bersifat mutlak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, pedoman wawancara, lembar observasi motivasi, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, soal pre test, soal post test, daftar hadir, kartu point, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan data pada siklus I dan siklus II.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model TGT dengan media monopoli secara umum dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Islam Batu. Dari paparan data dan temuan penelitian diketahui bahwa motivasi belajar klasikal keseluruhan mengalami peningkatan pada siklus I dengan persentase rata-rata yang diperoleh adalah 77,23% dimana persentase ini menunjukkan kategori baik. Kemudian, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 86,64% persentase ini meningkat menjadi ke kategori sangat baik. Hasil belajar siswa dapat diketahui dari post test setiap siklus. Ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata pada siklus I sebesar 79,02 meningkat pada siklus II menjadi 82,67.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model TGT dengan media monopoli dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Saran dari peneliti adalah penggunaan model pembelajaran untuk siswa yang bervariasi sangat ditekankan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, bagi guru mata pelajaran Ekonomi diharapkan untuk memberikan variasi dalam mengajar sehingga pembelajaran agar lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan, bagi peneliti selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi juga menjadi acuan dalam pengembangan konsep-konsep belajar di bangku perkuliahan serta sebagai sarana belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia pendidikan nantinya.