SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengaruh Jumlah Transaksi Digital Banking, Peer To Peer Lending, dan Electronic Payment System Terhadap Indikator Makro (Inflasi, BI Rate, Money supply) di Indonesia Tahun 2016-2018

Jefri Ramadhani

Abstrak


RINGKASAN

Ramadhani, Jefri. 2019. “Analisis Pengaruh Jumlah Transaksi Digital Banking, Peer To Peer Lending, Dan Electronic Payment System Terhadap Indikator Makro (Inflasi, BI Rate, Money supply) Di Indonesia Tahun 2016-2018”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dwi Wulandari, S.E., M.M.

Kata Kunci : Digital Banking, Peer To Peer Lending, Electronic Payment System, Indicators Macro, VAR

Kecanggihan perkembangan teknologi memberikan inovasi yang lebih baru, kreatif dan lebih murah. Dengan hadirnya inovasi baru, kegiatan masyarakat akan lebih efektif dan efisien. Saat ini inovasi teknologi baru yang muncul di sektor keuangan dikenal sebagai teknologi keuangan. Inovasi teknologi dan penetrasi dengan fitur-fitur keuangan berlanjut dan menandai munculnya momentum transformasi di dunia keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perbankan digital, pinjaman peer to peer dan sistem pembayaran elektronik pada variabel makro di Indonesia.

Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah VAR dengan model yang diusulkan menggunakan lag 1. Periode analisis yang digunakan adalah data bulanan dari 2016 hingga 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbankan digital memiliki kemampuan untuk mempengaruhi BI Rate sebesar 1, 94% , mempengaruhi inflasi sebesar 0,011% dan mempengaruhi jumlah uang beredar sebesar 2,85% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. 2. Pinjaman P2P memiliki kemampuan untuk mempengaruhi BI Rate sebesar 0,38%, mempengaruhi inflasi sebesar 0,48% dan mempengaruhi jumlah uang beredar sebesar 5,58% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. EPS memiliki kemampuan untuk mempengaruhi BI Rate sebesar 0,2%, mempengaruhi inflasi sebesar 1,96% dan mempengaruhi jumlah uang beredar sebesar 0,009% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Variabel dominan yang mempengaruhi BI Rate adalah perbankan digital, variabel dominan yang mempengaruhi inflasi adalah EPS. Oleh karena itu, variabel dominan yang mempengaruhi jumlah uang beredar adalah Pinjaman P2P.