SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA ORGANISASI DAN NON ORGANISASI DI JURUSAN IPS SMAN 6 MALANG

Ristiani Ernita

Abstrak


RINGKASAN

Ristiani, Ernita. 2019. Studi Komparatif Hasil Belajar Ekonomi Siswa Organisasi dan Non Organisasi Di Jurusan IPS SMAN 6 Malang. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing. Dr. H. Agung Hariyono, S.E., M.P., Ak.

Kata Kunci: siswa organisasi, siswa non organisasi, hasil belajar ekonomi, pembinaan kesiswaan

Siswa organisasi adalah siswa di jurusan IPS SMAN 6 Malang kelas X dan XI yang aktif di ekstrakurikuler dan kepengurusan OSIS. Siswa non organisasi adalah siswa kelas X dan XI di jurusan IPS yang tidak aktif pada ekstrakurikuler atau tidak menjadi pengurus OSIS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar ekonomi siswa organisasi dan siswa non organisasi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Sampel dari masing-masing kelompok adalah 97 siswa menggunakan teknik proportional random sampling. Hasil belajar ekonomi yaitu nilai Pekan Akhir Semester (PAS) diperoleh dari guru ekonomi masing-masing kelas. Untuk memperkuat pembahasan pada penelitian ini digunakan wawancara pada beberapa siswa organisasi dan non organisasi.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa organisasi adalah 78,41 sedangkan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa non organisasi adalah 75,49. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa rata-rata hasil belajar ekonomi siswa organisasi lebih tinggi dibandingkan siswa non organisasi. Untuk melihat apakah perbedaan tersebut signifikan dilakukan uji Independent Sample T-Test dengan uji prasyarat yakni uji normalitas dan uji homogenitas.

Berdasarkan penghitungan menggunakan SPSS 25 For Windows, uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov menunjukkan nilai (Sig.) untuk kelompok siswa organisasi adalah 0,067 dan untuk siswa non organisasi adalah 0,144. Data dikatakan normal apabila nilai (Sig.) lebih dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan data dalam penelitian ini bersifat normal. Selanjutnya untuk uji homogenitas dengan menggunakan uji Levene Test menunjukkan nilai (Sig.) adalah 0,312. Uji homogenitas terpenuhi apabila nilai (Sig.) lebih dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan data dalam penelitian bersifat homogen.

Hasil dari uji Independet Sample T-Test yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan nilai (Sig.) adalah 0,000. Hipotesis akan diterima apabila nilai (Sig.) kurang dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan signifikan antara hasil belajar ekonomi siswa organisasi dan non organisasi di jurusan IPS SMAN 6 Malang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengikuti organisasi di sekolah baik ekstrakurikuler maupun OSIS membawa dampak yang positif bagi perkembangan kognitif siswa. Oleh karena itu, perlu kiranya setiap siswa mengikuti setiap pembinaan kesiswaan yang ada dan memanfaatkan sebaik-baiknya dengan tujuan mengembangkan potensi, minat dan bakat, serta pembentukan karakter yang lebih baik.