SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Financial Technology Syariah Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Paytren

Ferlinda Nindy

Abstrak


ABSTRAK

Ferlinda, Nindy. 2019. Pemanfaatan Financial Technology Syariah Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Paytren. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.Si.

Kata Kunci : financial technology syariah, perilaku konsumtif, paytren

Financial technology mempunyai potensi dalam perluasan jangkauan keuangan. Fintech tidaklah hanya pada sistem keuangan konvensional namun sudah pada sistem keuangan syariah.  Di Indonesia memiliki sebuah perusahaan syariah yang menawarkan jasa dibidang keuangan yakni Paytren. Sistem paytren menggunakan sistem kemitraan yaitu konsep jejaring atau kerjasama mitra usaha yang sudah disahkan oleh Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia. Dengan adanya Paytren diharapkan dapat memberi manfaat kepada masyarakat dalam mewujudkan pemerataan ekonomi dan mencegah terjadinya perilaku konsumtif melihat kebutuhan mahasiswa yang semakin meningkat melalui kegiatan distribusi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi paytren yang mana merupakan Financial Technology Syariah dapat mengendalikan perilaku konsumtif individu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penentuan informan, penelitian ini mengunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang yang merupakan mahasiswa Universitas Negeri Malang selaku pengguna Paytren. Penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan financial technology syariah dengan sistem kemitraan mendapat tanggapan positif dari pengguna Paytren. Adanya kemudahan akses dan cara yang ditawarkan serta persepsi dari pengguna paytren yang menggunakan fitur pulsa dalam proses transaksi unggulannya. Financial technology syariah adalah sebuah inovasi baru dalam bidang keuangan yang telah memiliki tempat tersendiri bagi masyarakat. Keberadaan Fintech yang berbasis syariah menjadikan suatu adanya keistimewaan dalam setiap nilainya. Paytren telah membuktikan dalam sistem tersebut tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Paytren banyak memberi kemudahan dalam setiap fiturnya dan Paytren dapat mengendalikan perilaku konsumtif dari pengguna paytren. Dengan hadirnya Paytren, kegiatan distribusi juga menjadi kegiatan yang memberi dampak positif bagi mahasiswa dikarenakan bisa berpengaruh pada sistem keuangan yang hemat dan lebih tertata bisa dirasakan oleh pengguna. Pengendalian perilaku konsumtif juga didukung dengan adanya dari produk Paytren yang berupa sedekah online. Sedekah online menjadi point plus dari aplikasi Paytren karena tidak hanya perolehan duniawi saja yang didapatkan melainkan juga akhirat.