SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengaruh Faktor Internal (Modal dan DPK) dan Faktor Eksternal (PDB dan Kapitalisasi Pasar) Terhadap Profitabilitas Bank Swasta Devisa Periode 2008-2017

Saputri Ika Indah

Abstrak


RINGKASAN

Saputri, Ika Indah. 2019. Analisis Pengaruh Faktor Internal (Modal dan DPK) dan Faktor Eksternal (PDB dan Kapitalisasi Pasar) Terhadap Profitabilitas Bank Swasta Devisa Periode 2008-2017.Skripsi, Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Grivia Agustin, S.E., M.Sc.

Kata Kunci: modal bank, Dana Pihak Ketiga (DPK), Droduk Domestik Bruto (PDB), kapitaliasi pasar , dan proditabilitas bank

Industri perbankan adalah salah satu industri yang sedang berkembang pada saat ini terutama di Indoenesia. Salah satu peran penting bank adalah sebagai financial intermediary yang artinya bank adalah sebagai lembaga yang menjembatani bagi masyarakat yang kelebihan dana dengan masyarakat yang kekurangan dana. Perkembangan industri perbankan tentunya akan sangat berpengaruh terhadap aspek mikro ekonomi maupun aspek makro ekonomi. Oleh sebab itu berbagai upaya pemerintah memberikan perhatian khusus dunia perbankan melalui bank sentral. Kesehatan bank sangat penting, dimana bank dikatakan sehat apabila bank tersebut memiliki nilai profitabilitas, solvabilitas, dan likuiditas yang baik. Profitabilitas merupakan rasio yang digunakan untuk melihat atau menilai keuntungan yang didapatkan bank. Salah satu untuk mengukur kesehatan profitabilitas bank adalah dengan Return on Equity (ROE).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui

(1) pengaruh modal terhadap profitabilitas bank swasta devisa

(2) pengaruh DPK terhadap profitabilitas bank swasta devisa

(3) pengaruh PDB terhadap profitabilitas bank swasta devisa, dan

(4) pengaruh kapitalisasi pasar terhadap profitabilitas bank swasta devisa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplansi yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, dimana masing-masing variabel independen yang terdiri dari modal, DPK, PDB dan kapitalisasi pasar terhadap variabel dependen yaitu profitabilitas. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berbentuk tahunan yang diperoleh dari laporan keuangan yang sudah dipublikasi oleh masing-masing bank, world bank, dan web resmi saham oke. Penelitian ini meneliti bank swasta devisa yang diambil tiga bank swasta devisa yang memiliki nilai profitabilitas yang tinggi yaitu Bank Central Asia, Bank CIMB Niaga dan Bank Danamon. Hasil pengumpulan data akan dianalisis menggunakan eviews dengan metode regresi data panel.

Pengaruh faktor internal (modal dan DPK) dan ekternal (PDB dan Kapitalisasi Pasar) secara simultan atau bersam-sama berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas bank swasta devisa. Secara individu faktor modal berpengaruh negatif signifikan terhadap profutabiltas bank swasta devisa, sedangkan untuk DPK dan Kapitalisasi Pasar berpengarh positif signifikan terhadap profitabilitas. Berbeda dengan yang lain, faktor PDB tidak berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilias ank swasta devisa.