SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Produktivitas dan Upah Minimum terhadap Permintaan Tenaga Kerja di Jawa Timur

FATMAWATI SRI INDAH WIDYA

Abstrak


RINGKASAN

Fatmawati, S. I. W. 2019. Analisis Produktivitas dan Upah Minimum Terhadap Permintaan Tenaga Kerja di Jawa Timur. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Nasikh, S.E., M.P., M.Pd.

Kata Kunci: produktivitas, upah minimum, permintaan tenaga kerja

Ketenagakerjaan merupakan salah satu aspek yang mencakup dimensi sosial dan ekonomi dalam kegiatan pembangunan. Di Jawa Timur jumlah angkatan kerja mengalami peningkatan dan penurunan sepanjang tahun 2011 hingga tahun 2015. Penyerapan tenaga kerja ditentukan oleh permintaan tenaga kerja oleh perusahaan. Permintaan tenaga kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya produktivitas dan upah minimum. Produktivitas merupakan perbandingan output dengan input, dan upah minimum adalah nilai standar pengupahan yang ditetapkan oleh Gubernur.

Penelitian ini bertujuan untuk

(1) menganalisis pengaruh produktivitas terhadap permintaan tenaga kerja di Jawa Timur,

(2) menganalisis pengaruh upah minimum terhadap permintaan tenaga kerja di Jawa Timur,

(3) menganalisis pengaruh produktivitas dan upah minimum terhadap permintaan tenaga kerja di Jawa Timur. Dalam penelitian ini peneliti melakukan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software stata. Data yang digunakan adalah data sekunder dalam bentuk time series triwulanan pada tahun 2008-2017.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produktivitas tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan tenaga kerja di Jawa Timur. Upah minimum tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan tenaga kerja di Jawa Timur. Produktivitas dan upah mininimum secara simultan berpengaruh signifikan terhadap permintaan tenaga kerja di Jawa Timur.