SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Komparatif Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa yang Tinggal di dalam Pondok Pesantren dan di luar Pondok Pesantren Kelas X dan XI IPS di MA Negeri 1 Malang.

Candradewi Tantri Kurnia

Abstrak


RINGKASAN

Candradewi, Tantri Kurnia. 2019. Studi Komparatif Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa yang Tinggal di dalam Pondok Pesantren dan di luar Pondok Pesantren Kelas X dan XI IPS di MA Negeri 1 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Prih Hardinto, M.Si.

Kata Kunci: hasil belajar, lingkungan di dalam pondok pesantren, lingkungan di luar pondok pesantren

Di dalam sistem pendidikan formal ataupun informal, keberhasilan proses belajar mengajar adalah tujuan yang harus dicapai. Keberhasilan proses belajar ini tercermin pada tingginya hasil belajar siswa. Namun, tidak semua siswa memiliki hasil belajar yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh perbedaan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya adalah faktor eksternal yang berupa lingkungan tempat tinggal siswa. Perbedaan lingkungan tempat tinggal siswa menjadi hal yang sangat jelas di MA Negeri 1 Malang. Dimana pada sekolah tersebut terdapat siswa yang tinggal di lingkungan pondok pesantren, asrama, rumah, dan kos. Berkaitan dengan itu, diperlukan pembahasan mengenai perbedaan hasil belajar pada siswa yang memiliki perbedaan lingkungan tempat tinggal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang tinggal di dalam pondok pesantren dengan siswa yang tinggal di luar pondok pesantren kelas X dan XI IPS di MA Negeri 1 Malang. Jenis penelitian ini adalah komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI IPS MA Negeri 1 Malang yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik propotional random sampling dengan rumus Slovin. Hasil perhitungan dengan rumus Slovin adalah sampel sejumlah 34 untuk variabel siswa yang tinggal di dalam pondok pesantren dan sampel sejumlah 78 untuk variabel siswa yang tinggal di luar pondok pesantren.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar ekonomi siswa yang tinggal di dalam pondok pesantren berupa rata-rata nilai Penilaian Akhir Semester (PAS) 1 adalah sebesar 76,88, sedangkan rata-rata nilai siswa yang tinggal di luar pesantren adalah sebesar 70,50. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar (0,000) < 0,05 sehingga H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar ekonomi antara siswa yang tinggal di dalam pondok pesantren dengan siswa yang tinggal di luar pondok pesantren kelas X dan XI IPS di MA Negeri 1 Malang.