SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Modernitas, Merek, dan Toko Online terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 Universitas Negeri Malang

Furi Grace Sheila Angel

Abstrak


RINGKASAN

Furi, Grace Sheila Angel. 2019. Pengaruh Modernitas, Merek, dan Toko Online terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembibing: Drs. Prih Hardinto, M.Si.

Kata Kunci: Modernitas, Merek, Toko Online dan Perilaku Konsumtif.

Perilaku konsumtif merupakan kecenderungan seseorang untuk berperilaku secara berlebihan dalam membeli sesuatu secara irasional dan lebih mengutamakan keinginan daripada kebutuhan. Di tengah arus modernitas seperti saat ini mahasiswa yang dikategorikan remaja mudah terpengaruh karena mereka cenderung bersifat emosional dalam bertindak. Perilaku konsumtif juga di dukung oleh faktor diantaranya modernitas, merek, dan toko online. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial maupun simultan.

Rancangan penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 163 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang yang berjumlah 163 mahasiswa, pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik proportional random sampling dan diperoleh 116 responden dan pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS Statistics 24.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh modernitas terhadap perilaku konsumtif dengan kontribusi sebesar 1,6%. Terdapat pengaruh merek terhadap perilaku konsumtif dengan kontribusi sebesar 7,5%. Terdapat pengaruh toko online terhadap perilaku konsumtif dengan kontribusi sebesar 37,3%. Terdapat pengaruhsecara bersama-sama antara modernitas, merek, dan toko online terhadap perilaku konsumtif dengan kontribusi sebesar 46,4% sedangkan sebesar 53,6% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.

Saran penelitian ini diharapkan universitas dapat menciptakan program yang dapat mendidik mahasiswa lebih baik dan cermat dalam berkonsumsi. Tidak hanya teori melainkan juga praktek. Mahasiswa sebaiaknya tidak melakukan tindakan konsumsi secara berlebihan. Peneliti diharapkan dapat menambah wawasan mengenai penelitian ini dan peneliti selanjutnya diharapkan meneliti variabel modernitas, merek, dan toko online. Diharapkan pula penelitian ini dapat menjadi referensi ketika melakukan penelitian.